-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Setelah melakukan sinkronisasi data PMP, sudah semestinya kita akan memastikan apakah data sudah benar-benar terkirim ke server atau gagal meskipun kenyataannya pada saat sinkron terlihat lancar-lancar saja. Untuk memastikan progres data pengiriman PMP kita bisa langsung masuk pada akun website PMP http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan bukan pada akun aplikasi PMPnya.
Cara Cek Log Pengiriman PMP : Status Terkirim atau Belum Sinkron
Perlu kita ketahui, untuk masalah Status Pengiriman Data PMP sebenarnya berada di bawah kewenangan server PMP pusat. Tugas kita sebagai operator hanya sebatas sampai pada tahap verifiasi dan pengiriman data saja. Meskipun demikian, kita juga tidak boleh serta merta menganggap tugas telah selesai. Sebagai operator ujung tombak sekolah, kita juga perlu mengawal dan memastikan bahwa Data PMP di sekolah sudah masuk dalam server pusat dan berstatus Terkirim / Selesai Diproses / Belum kirim.

Cara cek Log pengiriman PMP bisa juga dilihat tanpa harus login ke websitenya, namun kurang begitu detail hanya bisa menunjukkan progres pengiriman saja. berikut caranya :

Baca juga bagaimana cara mengatasi kirim data PMP yang gagal dan lambat

Pertama kunjugi website http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pada menu silahkan klik menu Progres Data. pada laman progress pengiriman silahkan pilih propinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Sekolah anda, kemudian lihat "kirim terakhir" disana tertulis tanggal dan waktu pengiriman serta statusnya adalah "sudah terkirim" seperti penampakkan gambar dibawah
Cara Cek Log Pengiriman PMP : Status Terkirim atau Belum Sinkron
Cara cek pProgres pengiriman PMP dengan logi untuk melihat detailnya

  1. Login ke Website PMP, pada menu login, login sebagai Operator Sekolah
  2. Pilih Menu Log Pengiriman, Untuk Status Pengiriman Data Sekolah anda dapat anda lihat di Menu Log Pengiriman.  Di situ akan dipaparkan secara jelas Tanggal Kirim, Status dan Tanggal Diproses. Status Pengiriman Data PMP yang dinyatakan berhasil akan berisi keterangan Selesai Diproses yang berwarna hijau. Jika belum berstatus demikian berarti anda harus bersabar dan menanti Data PMP yang anda kirim selesai diproses oleh server pusat.
Masih belum mengerjakan PMP karena terlalu banyak isian koesioner silahkan gunakan aplikasi faster PMP terbaru versi 0.5  tapi ingat pada aplikasi ini hanya sebagai fasilitas saja yaitu memudahkan pekerjaan para guru dan murid, untuk kebenaran data diserahkan pada pihak yang terkait. 

3 komentar

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

Kalau nama sekolahnya sendiri tidak ada di progres datanya bagaimana ya? Mohon pencerahannya

avatar

Jika sebelumnya sekolah pernah mengirim selambat-lambatnya sebelum cutoff maka datanya bisa dilihat di progres dengan catatan sinkronisasi PMP berjalan dengan lancar.

Jika diprogres tidak ketemu coba lihat di akun dasbor. disana Anda bisa melihat secara detil apakah sekolah melakukan sinkronisasi atau tidak.

Click to comment