-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
5 Hal Ini Setiap Hari Otak Anda Akan Meningkat 5X Lipat Dalam Seminggu

Memilik kemampuan berpikir lebih merupakan harapan bagi semua, namun memiliki lebih banyak energi dan kemampuan untuk berpikir lebih cepat, lebih pintar, dan memiliki kecerdasan yang paling tajam dan memori yang terbaik ini tidak datang begitu saja dengan mudah.

Kabar baiknya adalah jika Anda mau melakukan perubahan dan Anda harus tahu secara spesifik apa yang harus dikerjakan untuk bisa membuat otak Anda bekerja dengan sangat cepat.

Anda bisa lebih pintar, mempunyai daya ingat lebih baik, dan berpikir lebih cepat. Berikut adalah 5 tip yang bisa Anda lakukan hari ini dan setiap hari untuk membuat otak Anda bekerja lebih baik dan memaksimalkan daya ingat tarhadap materi belajar Anda:

1. Hilangkan semua bentuk pikiran negatif

Perhatikan aktifitas pekerjaan hari ini nampaknya hampir tidak mungkin untuk tetap bersikap positif. Tugas sekolah yang menunupuk, pekerjaan rumah belum selesai. Anda mencoba melampiaskan rasa malas dan emosi untuk menghibur diri dengan membuka media sosial untuk melihat lelucon namun yang muncul tetap pembawaan pikiran yang negatif dan negatif, lalu Anda terjebak perilaku gosip negatif di sekitar Anda. Masalahnya adalah bahwa tidak hanya semua hal negatif ini membawa Anda jatuh dan menarik Anda ke dalam pembuangan emosional, tapi juga berdampak langsung pada kemampuan otak Anda untuk berfungsi dengan baik.

Emosi yang negatif akan menekan otak Anda dan membuatnya bekerja lebih lambat. Sehingga hal ini benar-benar mengganggu proses berpikir Anda dan kemampuan Anda untuk selalu fokus. Jadi untuk mengatasi hal-hal tersebut Anda harus selalu berusaha berpikir positif. Hindari sebisa mungkin berpikiran yang negatif.

Bagaimana Anda bisa melakukan hal ini?. Berikut adalah beberapa cara. Buatlah pemikiran positif menjadi prioritas dalam hidup Anda, menjauh lah dari situasi negatif dan berusaha menolak semua pikiran buruk yang masuk. Ciptakan suasana yang baik pada semua orang dan situasi Anda saat ini, lihat ke dalam diri Anda dengan penuh semangat bukan sebaliknya, dan otak Anda akan memberikan energi postif.

2. Lakukan latihan menghafal dari hal kecil

Semakin Anda melatih otot raksasa untuk daya ingat di situlah otak Anda berfungsi, semakin sulit akan membuat otak Anda bekerja secara maksimal. Hafalkan fakta penting, seperti rumus atau hal yang menarik dalam sejarah gabungkan dengan materi Anda, lakukan setiap hari. Cari kata baru dan hapalkan artinya.

Gunakan sambungan kata penting dalam sejarah hidup Anda (trik memori) untuk membantu Anda mengingat materi. Berlatih mengeja kata-kata sulit seperti "istilah", ucapkan kata itu keras-keras, lalu mengeja dengan keras, lalu mengucapkannya lagi. Gunakan latihan otot di antara telinga Anda (pijat perlahan-lahan) otak Anda akan menjadi lebih kuat dan lebih cepat dalam bekerja.

3. Minum kopi bisa membantu otak Anda lebih kuat ingat

Sigmund Freud seorang pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikolog biasa menggunakan kokain karena dia mengatakan bahwa itu membuat otaknya lebih produktif. Namun kenyataannya kita tahu bahwa kokain sangat tidak sehat dan sama sekali bukan cara yang bagus untuk meningkatkan produktivitas, sisi lain kita juga tahu bahwa Freud mungkin mendapat manfaat dari peningkatan asupan kafeinnya.

Sebenarnya, sebuah studi dari Harvard University telah menunjukkan bahwa kafein dapat mempengaruhi otak, meningkatkan kesadaran dan terjaga dalam jangka pendek. Ini juga bisa mendongkrak kemampuan memori dalam jangka panjang (Watson, 2014). Studi tersebut menyatakan bahwa asupan kafein yang lebih dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang lebih baik dan bahkan berkinerja baik pada tes memori (Watson, 2014). Jadi mintalah secangkir kopi atau dua dengan kesadaran yang jernih.

4. Pertimbangkan jika Anda mengkonsumsi vitamin pemacu otak

Jika Einstein bisa meningkatkan kekuatan otaknya lebih jauh dua kali lipat lagi, kita bisa membayangkan berapa banyak lagi yang telah dia capai. Vitamin B12 dikenal sebagai pemacu daya otak dan penolong memori. Tapi sebelum Anda kehabisan dan membeli suplemen B12, Anda perlu tahu bahwa B12 memiliki masalah yakni tidak diserap dengan baik di perut. Beberapa peneliti telah menemukan bahwa tablet sublingual, yaitu pil yang dimaksudkan untuk dilarutkan di bawah lidah, bekerja lebih baik karena diserap langsung ke selaput lendir, melewati perut.

5. Jaga selalu tubuh Anda dengan beraktifitas dan cukupkan waktu tidur

Aktifitas ini mungkin lumrah dan tampak biasa-biasa saja, tapi mungkin hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki ingatan Anda dan semua fungsi kognitif adalah berolahraga secara teratur dan cukup tidur. Bila Anda memiliki latihan yang lebih, Anda melakukan banyak hal ke tubuh dan otak Anda, termasuk memperbaiki sirkulasi dan membuat darah mengalir ke otak Anda. Hal ini melepaskan endorfin yang menghilangkan stres sebagai hasilnya dapat membantu Anda berpikir lebih baik dan memberikan dampak perasaan energi positif. Tidur nyenyak tentu sangat penting. Otak Anda memproses informasi saat Anda tidur, memindahkan gagasan dan fakta dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang.

Jika Anda melakukan aktifitas tersebut diatas, yakni: berolahraga, cukup tidur, minum secangkir kopi, bersikap positif, dan berlatih menghafal hal kecil setiap hari. Maka dalam 1 minggu Anda akan melihat peningkatan fungsi otak Anda dengan cepat.

Click to comment