-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Males Nulis! Convert Suara Mu Menjadi Text Tulisan Dengan 2 Langkah Mudah Ini
author photo
By On
Convert Suara Mu Menjadi Text Dengan 2 Langkah Mudah
Awalnya saya lagi capek nulis, inginnya menulis dengan menggunakan suara secara langsung tapi bisa di convert menjadi sebuah text tulisan seperti ketika kita membuka browser google di handphone android menggunakan "voice search" yang akhirnya tinggal copy paste begitu, biar cepat. Sempat penasaran juga ingin mencoba voice search dengan memakai laptop, kira-kira bisa tidak ya?. Coba searching tutorialnya akhirnya ketemu di jalantikus.com, langsung saja di praktekin dan ternyata berhasil.

Langkahnya cukup simple seperti yang dijelaskan Jaka pada jalantikus cukup dengan mengggunakan dua buah aplikasi, yaitu Web Speech API Google dan Virtual Audio Cable.

Web Speech API Google adalah sebuah aplikasi yang mampu mengubah suara dari microphone (yang didengar) menjadi sebuah text. Sementara Virtual Audio Cable adalah sebuah aplikasi yang mampu mengirimkan suara dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Mencerna tulisannya, untuk testingnya pertama saya coba tanpa menginstal Virtual Audio Cable, tetapi langsung menggunakan microphone bawaan dari windows yang dengan mereka-reka barangkali bisa karena ada kesamaan output dan input audionya ternyata tidak bisa nyambung.

Jadi ya.. langkah pertamanya saya download dulu Virtual Audio Cable nya dibawah
http://download.cnet.com/Virtual-Audio-Cable/3000-2168_4-10067766.html

Ada dua pilihan untuk menginstal aplikasi Virtual Audio Cable menggunakan windows64bit dan windows32bit silahkan disesuaikan sendiri. Jalankan sampai selesai. Jika sudah lihat toolbar di pojok kanan bawah, klik pada "Speaker", lalu klik "Playback Device".
Lalu pilih Viertual Audio Cable sebagai default device biasanya tampilannya akan berbeda di setiap windowsnya. Kalau sudah di setting suara pada speaker kamu tidak akan keluar namun sudah bisa dijalankan.

Selanjutnya langkah kedua buka halaman situs Web Speech API Google, linknya https://www.google.com/intl/en/chrome/demos/speech.html lalu klik pada gambar "Microphone". Anda bisa menyesuaikan pilihan bahasanya kemudian testingnya coba Anda buka youtube pada tab browser
Setelah testingnya berhasil Anda bisa menggunakan microphone untuk mengconvert suara Anda menjadi text atau tulisan. Mudahkan , silahkan mencoba

Click to comment