-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Update E-Ijazah Online 2024 (SIMASPRAS)
author photo
By On
Update E-Ijazah Online 2024 (SIMASPRAS)

Pendistribusian blanko ijazah kelas XII yang LULUS sebagai penerima blanko ijazah sudah diberikan pada satuan pendidikan masing-masing. Berkaitan dengan hal tersebut Satuan pendidikan jenjang sekolah Menengah Atas (SMA) wajib melakukan Penatausahaan ijazah peserta didik yang lulus tahun ajaran 2023/2024 secara online melalui aplikasi Sistem Manajemen Ijazah dan Sarana Prasarana (SIMASPRAS) dengan alamat https://sarpras-sma.sma.kemdikbud.go.id.


SIMASPRAS juga mempermudah proses penatausahaan ijazah berbasis digital. Sistem ini dikembangkan dengan berbasis web dan memanfaatkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai data utama.


Penatausahaan ijazah melalui aplikasi SimasPras dimaksudkan adalah untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, validitas, dan aksesibilitas dalam mengelola dan menyimpan informasi ijazah.


Untuk login ke SIMASPRAS, sekolah menggunakan akun dapodik. Pilih menu “LOGIN SEBAGAI SEKOLAH”, masukkan username dan password dapodik sekolah.


Pilih halaman menu ijazah. Pada Tab "Belum Mendapat Nomor Ijazah" Klik "INPUT" untuk menginput data ijazah. Input nomor Suffix Ijazah (7 digit nomorator ijazah) dan NIS, serta memastikan Jurusan/Kurikulum dan Nama Orang Tua/Wali telah sesuai.


Perbaharui data dapodik jika terdapat ketidaksesuaian data. Perbaikan nama, tempat lahir, dan tanggal lahir dapat dilakukan melalui webiste vervalpd.


Apabila terjadi indikasi bentrok nomor ijazah, sekolah bisa melaporkan ke dinas untuk dibantu klarifikasi terhadap sekolah yang terindikasi telah menggunakan nomor ijazah tersebut. Kemungkinan besar, salah satu dari sekolah ada yang salah dalam mencatat/menginput nomor ijazah. Apabila belum ditemukan jalan keluar, silakan sekolah melaporkan ke admin Direktorat SMA untuk dibantu lebih lanjut.


Peserta didik yang diberikan nomor ijazah hanya peserta didik yang dinyatakan lulus dan menerima blangko ijazah saja, untuk data peserta didik yang tidak lulus atau tidak sesuai dengan data lulusan, diabaikan saja. Apabila data peserta didik yang lulus tetapi tidak muncul pada sistem, silakan isi laporan pada tautan berikut : https://bit.ly/laporankendalaSIMASPRAS

Click to comment