-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Menambah Matpel Pilihan di Dapodik 2024.
author photo
By On

Bagi satuan pendidikan yang pada tahun sebelumnya menggunakan kurikulum merdeka khusus kelas 10 fase E di aplikasi Dapodik versi 2024 maka di tahun pelajaran 2023/2024 harus menaikkan ke kelas 11 fase F. Di kelas 11 fase F tentu saja struktur tabulasi pembelajarannya berbeda dengan kelas 10 fase E sebelumnya. Karenanya di kelas 11 fase F ada mata pelajaran pilihan.


Sesuai dengan Kepmen No. 262 tahun 2022 bahwa siswa wajib memilih mata pelajaran pilihan minimal 4 mata pelajaran pilihan. Mata pelajaran pilihan ini tidak masuk pada tabulasi menu "Reguler" sehingga kita harus melakukan mapping tersendiri di tabulasi menu "Matpel Pilihan".


Langkah Menambah Matpel Pilihan di Dapodik 2024

Untuk menambahkan mata pelajaran pilihan pada kelas 11 fase F, berikut langkahnya:

Langkah Menambah Matpel Pilihan di Dapodik 2024

Pada tabulasi rombongan belajar pilih "Matpel Pilihan" lalu pilih menu "Tambah" lalu isi tabulasi data kelas dan seterusnya.


Langkah selanjutnya:

Menambah Matpel Pilihan di Dapodik 2024

Klik pada tabulasi kelas yang sudah dibuat, lalu klik pada menu "Pembelajaran" selanjutnya akan muncul tabulasi pembelajaran rombel utama dan klik menu "Tambah". Muncul tabulasi pilih alokasi matpel pilihan yang akan ditambahkan. "Simpan dan lanjutkan".


Langkah selanjutnya:

Matpel pilihan kelas 11

Pada tabulasi "Tambah Pembelajaran Kelompok" isi semua data pada field, untuk jam maksimalnya adalah 5, selanjutnya simpan dan tutup. Ulangi untuk menambahkan mata pelajaran pilihan yang lainnya.


Selamat bekerja semoga berhasil.

Click to comment