-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Registrasi UTBK-SNBT 2023
author photo
By On
Registrasi UTBK-SNBT 2023
Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN) yang bersangkutan.


UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).


Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).


Pendaftaran UTBK-SNBT 2023 resmi dibuka pada hari ini Kamis, 23 Maret 2023 dan akan ditutup pada 14 April 2023, pukul 15.00 WIB. Calon mahasiswa baru yang hendak mendaftar bisa cek kembali syarat, cara daftar, biaya, dan materi tesnya di laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id


Langkah Registrasi UTBK-SNBT 2023

Registrasi Akun SNBT wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. 


Sebelum Anda melakukan pendaftaran UTBK-SNBT 2023, Anda harus melakukan Login terlebih dahulu dengan Langkah sebagai berikut:

Melakukan Login

1. Masukkan kombinasi email dan kata sandi Anda yang telah terdaftar pada akun SNPMB untuk dapat masuk ke portal SNPMB. 


Pastikan akun Anda telah terdaftar di SNPMB dan telah melakukan SIMPAN PERMANEN! Jika Anda belum melakukan SIMPAN PERMANEN, anda dapat melakukannya di https://reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/


2. Setelah Anda berhasil masuk, maka Anda dapat melihat portal SNPMB. Pilih Pendaftaran UTBK-SNBT untuk melakukan pendaftaran UTBK-SNBT 2023.


1. Melengkapi Biodata

Perhatikan petunjuk pengisian dalam melengkapi biodata, alur melengkapi biodata, dan alur bagi pendaftar UTBK-SNBT 2023 berkebutuhan khusus!.

  • Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra/low vision.

2. Memilih Program Studi

Perhatikan petunjuk pengisian dalam memilih program studi dan alur memilih program studi!.

  • Memilih Program Studi, Mengunggah Portofolio, Memilih Pusat UTBK PTN, dan memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK.

3. Mengunggah Portofolio

Perhatikan petunjuk pengisian dalam mengunggah portofolio bagi pendaftar UTBK-SNBT 2023 yang memilih program studi dengan persyaratan portofolio.


4. Memilih Pusat UTBK

Perhatikan petunjuk pengisian dalam memilih pusat UTBK dan alur memilih pusat UTBK!.


5. Unduh Kartu Tanda Peserta

Baik bagi pendaftar UTBK-SNBT 2023 pemegang KIP Kuliah maupun bukan pemegang KIP Kuliah.


Ikuti langkah berikut untuk unduh Kartu Tanda Peserta UTBK-SNBT 2023:
  1. Anda dapat melihat pilihan program studi dan portofolio yang telah disimpan permanen sebelumnya tetapi Anda tidak dapat memilih kembali program studi.
  2. Anda dapat menyimpan kartu UTBK-SNBT 2023 untuk dibawa saat pelaksanaan ujian berlangsung dan daftar ulang SNBT.
  3. Pastikan bahwa Anda telah membaca dan memahami dengan seksama seluruh petunjuk yang tertera di kartu UTBK-SNBT 2023.

Login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk unduh Kartu Peserta UTBK.


Unduh Panduan registrasi UTBK-SNBT 2023

Click to comment