-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

20 Problem Solving Registrasi Akun SNPMB dan PDSS 2023
author photo
By On
20 Problem Solving Registrasi Akun SNPMB dan PDSS 2023

20 Problem Solving yang mesti Anda ketahui saat mendapatkan masalah dalam Pendaftaran Akun SNPMB dan PDSS 2023. Simak baik-baik sebelum anda registrasi, karena masalah tersebut setiap kali pasti terjadi.


1. Cara mendaftar akun SNPMB

Pendaftaran akun SNPMB dapat dilakukan melalui portal SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan memasukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir yang telah sesuai pada data DAPODIK/EMIS.


2. Cara melakukan aktivasi email saat mendaftar akun SNPMB

Silahkan memeriksa kotak masuk atau spam pada email yang saudara daftarkan untuk mendapatkan email aktivasi akun SNPMB. Disarankan menggunakan akun GMAIL untuk mendaftar. Jika sudah lebih dari 15 menit belum mendapatkan email aktivasi, silahkan mencoba kembali mendaftar akun SNPMB menggunakan email yang aktif.


3. Tidak menerima email aktivasi akun

Tidak menerima email aktivasi bisa jadi karena salah ketik ketika mengisikan alamat email ketika registrasi akun. Kasus ini banyak terjadi di setiap tahun. Mekanisme registrasi akun untuk mengatasi hal ini adalah sebagai berikut.

  1. Siswa/sekolah melakukan registrasi dengan mengisikan data dan email.
  2. Jika email benar maka email aktivasi akan dikirimkan ke inbox dan user dapat melakukan aktivasi. Akun aktif dan selesai.
  3. Jika email benar tetapi tetap tidak menerima email aktivasi, maka siswa/sekolah dapat melakukan daftar ulang setelah 15 menit dari pendaftaran sebelumnya dengan email yang sama untuk mendapatkan email aktivasi yang baru.
  4. Jika email salah, maka siswa/sekolah dapat menunggu 15 menit setelah pendaftaran yang pertama. Bisa menggunakan email yang benar untuk mendapatkan email aktivasi yang baru.


4. Lupa email atau password

Reset password dapat dilakukan dengan menggunakan menu lupa password pada halaman login portal SNPMB. Link untuk melakukan reset password akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan.


5. Syarat dan ketentuan untuk sekolah dalam mendaftar di SNPMB

Sesuai ketentuan pelaksanaan SNBP 2023, yaitu hanya sekolah yang menggunakan Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 serta memiliki NPSN yang dapat mengisi PDSS dan mengikuti SNBP.


6. Kapan pembuatan akun SNPMB untuk sekolah bisa dilakukan

Registrasi akun SNPMB untuk sekolah dapat dilakukan mulai tanggal 9 Januari - 9 Februari 2023 di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.


7. Data sekolah tidak sesuai

Data sekolah pada akun SNPMB adalah sesuai dengan data DAPODIK/ EMIS. Kebenaran data sekolah dapat di cek pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/snpmb/. Jika terdapat kesalahan data, sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui akun DAPODIK/ EMIS.


8. Data kepala sekolah salah

Pembaharuan data mengenai kepala sekolah dapat dilakukan melalui akun DAPODIK/ EMIS sekolah. Selanjutnya, sekolah dapat mengupdate data pada portal SNPMB dengan klik perbarui data.


9. Syarat dan ketentuan untuk siswa dalam mendaftar di SNPMB

Persyaratan dan ketentuan siswa mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi adalah memiliki NISN, NPSN, dan tanggal lahir yang terdaftar pada Pusdatin dan memiliki akun SNPMB.


10. Kapan pembuatan akun SNPMB untuk siswa dapat dilakukan

Registrasi akun SNPMB untuk siswa dapat dilakukan mulai tanggal 16 Januari - 15 Februari 2023 di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.


11. Data siswa salah

Kesalahan/perbedaan mengenai data NISN atau data siswa lainnya dapat diselesaikan melalui DAPODIK Kemdikbud atau PENDIS Kemenag. Silahkan menghubungi pihak sekolah terkait perbaikan data pada akun DAPODIK/EMIS.


12. Bisakah alumni/gap year mengikuti SNBT

Bagi alumni tahun 2021 dan 2022 silahkan mengikuti SNBT tahun 2023 tanpa mengundurkan diri dari kampus asal. Silahkan mencermati dan pantau informasi mengenai pendaftaran SNBT 2023 di http://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.


13. Data untuk siswa gapyear/alumni salah

Silahkan periksa kembali data NISN saudara apakah masih aktif di DAPODIK melalui laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/snpmb/. Jika terdapat kesalahan data, silahkan melakukan verifikasi dan validasi data alumni pada laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/.


14. Salah input data/foto yang sudah simpan permanen

Sesuai dengan desclaimer pada pendaftaran akun SNPMB, apabila sudah melakukan simpan permanen maka data pada akun SNPMB tidak dapat diubah kembali.


15. Salah input data alamat/NIK

Perbaikan data alamat atau NIK dapat dilakukan pada saat telah di terima di PTN.


16. Cara melihat hasil pengumuman kuota sekolah

Pengumuman kuota sekolah diinformasikan melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ pada menu kuota sekolah dengan menyortir berdasarkan NPSN atau Lokasi Sekolah (Provinsi dan Kabupaten/kota).


17. Cara mengisi PDSS

Sekolah mengisi PDSS dengan nama siswa yang eligible mendaftar SNMPTN sesuai dengan kuota yang telah ditentukan.


18. Cara melihat kuota peserta eligible untuk dimasukkan di PDSS

Sekolah menentukan calon peserta berdasarkan data SNPMB dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-Pusdatin Kemdikbud atau Emis-Pendis Kemenag. Kuota peserta eligible dapat dilihat pada laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.


19. Jumlah siswa atau akreditasi tidak sesuai

Silahkan ikuti prosedur berikut:

  1. Memperbaiki sumber data, seperti Dapodik, EMIS, atau BANSM sesuai dengan data yang akan diperbaiki. Informasi perbaikan data dapat dilihat pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/snpmb/site/keterangan;
  2. Membuat akun SNPMB Sekolah dan login ke aplikasi PDSS dilakukan mulai tanggal 9 Januari 2023.

20. Masih bingung dengan SNPMB dan PDSS


Silahkan komentar dibawah, admin akan membantu sebisa mungkin.😁



3 komentar

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

min aku lupa akun snpmb, aku mau ganti password dan saat aku masukin alamat email aku dan aku klik ternyata alamat email aku tidak dapat ditemukan, aku harus gimana min ?

avatar

tentu saja alamat emailnya salah. coba diperiksa dengan teliti ya.....
Anda dapat langsung mengirim tiket melalui halaman berikut : #https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/helpdesk/id/penanya/create-ticket/#

Click to comment