-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

KOSP-Kurikulum Merdeka 2022
author photo
By On

KOSP-Kurikulum Merdeka 2022

KOSP - Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Tahun pelajaran 2022/2023 hampir semua satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK sudah harus menggunakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) atau Kurikulum Program Sekolah Penggerak. KPSP ini kemudian oleh satuan pendidikan bisa disebut Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).


Pembuatan serta pengembangan dokumen kurikulum sudah menjadi agenda wajib tahunan bagi setiap satuan pendidikan. Kurikulum dibuat dengan tujuan menjadikannya alat pendidikan untuk menghasilkan siswa yang berintegrasi. Kurikulum juga membuat siswa mengerti sistem pendidikan yang diterapkan, sehingga siswa dapat memutuskan pendidikan yang ia inginkan di jenjang selanjutnya.


Banyak pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum. Di antaranya ialah kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa. Sebagai manajer, kepala sekolah bertanggung jawab atas manajemen sekolah.


Meskipun satuan pendidikan sudah memiliki tim pengembang kurikulum, namun tidak semudah dibayangkan dalam proses pembuatannya. Tim Pengembang Kurikulum harus mempunyai data yang valid, jujur, mutahir, komprehensif tentang karakteristik sekolah. Data dan informasi dapat diperoleh dari berbagai cara dan sumber.


Sistematika KOSP agak berbeda dengan KTSP. Lantas, bagaimana proses penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan?. Secara teoritis Kemdikbud sudah menyiapkan Modul proses penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan yang bisa dipelajari, Anda bisa mengunduhnya disini.


Bahkan tidak hanya sekedar itu, pelatihan-pelatihan tentang kurikulum penggerak pun sudah tidak terlewatkan lagi di dapatkan secara langsung. Namun tah, masih juga belum memahaminya dengan sempurna. Bagaimana juga jika satuan pendudikan tidak mempunyai tim pengembang kurikulum?


Untuk itu, agar lebih memudahkan langkah dalam pembuatan dokumen kurikulum bagi sekolah baru yang mengimplementasikan IKM, ada banyak Kurikulum Operasional Satuan Pendidkan (KOSP) yang dibagikan mulai jenjang SD, SMP, SMA, SMK sebagai referensi.


Betikut ini contoh KOSP 2022:

KOSP jenjang SD, yang lainnya disini

KOSP jenjang SMP, yang lainnya disini

KOSP jenjang SMA, yang lainnya disini

KOSP jenjang SMK, yang lainnya disini


Demikian informasi contoh KOSP-Kurikulum Merdeka 2022. Semoga membantu.

Click to comment