-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Buku Saku Informasi MPLS SMP 2022/2023
author photo
By On
Buku Saku Informasi MPLS SMP 2022/2023

Melalui Buku Saku Informasi MPLS SMP tahun pelajaran 2022/2023 stauan pendidikan bisa menyusun panduan pelaksanaan MPLS dengan baik.


Menurut kalender pendidikan tahun pelajaran 2022/2023 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) jatuh pada tanggal 18 sampai dengan 20 Juli 2022. MPLS dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran.


Jika dilaksanakan lebih dari 3 hari, pihak orang tua berhak mempertanyakan alasan dibalik keputusan tersebut. Pengecualian bagi sekolah berasrama dengan terlebih dahulu melaporkan kepada Dinas Pendidik.


MPLS merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, penumbuhan sikap karakter, dan pembinaan awal kultur pada peserta didik baru.


Satuan pendidikan sebagai pihak penyelenggara tentu harus menyusun teknis kegiatan MPLS dengan mengikuti panduan yang ada. Terdapat 4 indikator utama yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan MPLS 2022/2023, yaitu; 1). Tataran perencanaan; 2). Pelaksanaan, 3). Pemantauan dan; 4). Evaluasi, dan pelaporan.


Penyelenggaraan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah hanya menjadi kewenangan guru. Sekolah dapat melibatkan tenaga kependidikan yang relevan dengan materi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.


Dalam melaksanakan pengenalan lingkungan sekolah, apabila melibatkan OSIS maupun MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas), maka harus melalui proses seleksi akademik dan non akademik serta ketentuan lain sesuai peraturan yang berlaku dan ada pendampingan dan pengawasan langsung dari Pembina OSIS/Guru.


Buku Saku Informasi MPLS SMP 2022/2023 ini disusun sebagai informasi dalam penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (MPLSPDB) baik kondisi luring dan daring ditengah pandemi Covid-19.


Melalui Buku Saku Informasi MPLS SMP 2022/2023 ini diharapkan para penyelenggara kegiatan MPLS peserta didik baru dapat memiliki pengetahuan dan prosedur pelaksanaan MPLS sehingga mereka dapat mengenali lingkungan sekolahnya dengan baik dan terjalin keselarasan antara peserta didik dan sekolah; sekolah dan orang tua peserta didik; serta masyarakat.


Dengan begitu pelaksanaan MPLS Peserta Didik baru mampu menciptakan kondisi sekolah yang menyenangkan, produktif, bahagia, semangat belajar, penuh rasa tanggung jawab dalam pelaksanaan pembelajaran setelah melaksanakan masaengenalan lingkungan sekolah.


Unduh Buku Saku Informasi MPLS SMP 2022/2023.


Contoh Instrumen evaluasi kegiatan MPLS unduh


Instrumen Tematik (MPLS) PELAKSANAAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS). Pengawas sekolah disini.

Click to comment