-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Yuk Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka
author photo
By On
Cara daftar implementasi kurikulum merdeka

Kurikulum Merdeka, telah diluncurkan secara resmi oleh Mas Menteri Nadiem Makarim pada peluncuran Merdeka Belajar Episode Kelima Belas. Silahkan kunjungi laman kurikulum di sini https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/


Implementasi Kurikulum Merdeka

Merdeka Belajar Episode 15 Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar ditindak lanjuti dengan Implementasi kurikulum Merdeka sebagai bentuk fasilitasi Kemendikbudristek melalaui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang ditujukan kepada Ibu bapak guru, para kepala sekolah, kepala madrasah, dan kepala PKBM dalam mempersiapkan keterlibatannya pada Kurikulum Merdeka pada tahun ini hingga kudepanya.


Untuk lebih memahami Implementasi Kurikulum Merdeka, ada beberapa artikel sederhana yang dapat dibaca. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/


  • Kurikulum Merdeka sebagai opsi pemulihan pembelajaran
  • Tahapan Implementasi IKM
  • Strategi IKM jalur mandiri
  • Pilihan IKM jalur mandiri
  • Platform Merdeka Mengajar


Kurikulum Merdeka dilaksanakan sesuai kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang memberikan keleluasaan satuan pendidikan di semua jenjang  dalam mengimplementasikan kurikulum.


Kemudian, bagaimana caranya mendaftarkan Sekolah, Madrasah, SKB, atau PKBM anda untuk mengikuti Implementasi Kurikulum Merdeka?


Kemdikbud

  1. Silahkan kunjungi https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login?service=https://api-gurubelajar.simpkb.id
  2. Silahkan masukkan Surel (Gunakan no.ukg@guruku.id Contoh: 209900707487@guruku.id) dan Kata Sandi Anda untuk melanjutkan ke Aplikasi.

Kemenag


Yuk! Ikuti tutorial Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka ini.



Pendaftaran dibuka mulai tanggal 11 Februari sampai dengan 31 Maret 2022


Mari Bergerak Bersama, wujudkan Merdeka Belajar!


Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang di tawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) memberikan keleluasaan kepada satuan Pendidikan untuk menentukan pilihan berdasarkan Angket Kesiapan IKM yang mengukur bagaimana kesiapan guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan impelementasi Kurikulum Merdeka.


Ada 3 pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri yang bisa anda pertimbangkan untuk diikuti:


1. Pilihan kesatu Mandiri Belajar, pilihan yang memberikan kebebasan kepada satuan Pendidikan saat menerapkan kurikulum Merdeka beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.


2. Pilihan kedua Mandiri Berubah, pilihan yang memberikan keleluasaan kepada satuan Pendidikan saat menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.


3. Pilihan ketiga Mandiri Berbagi, pilihan yang memberikan keleluasaan kepada satuan Pendidikan dalam menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.


Kunjungi laman: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/


Informasi Umum Kurikulum Merdeka: Kurikulum.kemdikbud.go.id

Click to comment