-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

SPAN PTKIN 2022 Tips Lolos SPAN PTKIN & UMPTKIN
author photo
By On
SPAN PTKIN 2022 Tips Lolos SPAN PTKIN & UMPTKIN
Seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2022 sudah di buka. Ada banyak jalur pilihan yang bisa Anda tempuh yakni; melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UMPTKIN.


Kali ini admin akan membahas seleksi masuk perguruan tinggi negeri keagamaan yaitu melalui jalur SPAN PTKIN dan UMPTKIN 2022 serta tips bagaimana agar lolos dan di terima di perguruan tinggi negeri keagamaan.


SPAN PTKIN adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keislaman Negeri yang ada di Indonesia. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional yang diikuti 58 PTKIN Perguruan Tinggi Keislaman Negeri tersebut yang menjadi pilihan adalah UIN, IAIN, dan STAIN.


Untuk bisa mendaftar, maka Anda harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia SPAN PTKIN. Persyaratan tersebut diperuntukkan bagi siswa pendaftar. Berikut persyaratan selengkapnya.


Syarat mengikuti seleksi SPAN PTKIN 2022

  1. Siswa SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2022
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Telah mendapat rekomendasi dari kepala Sekolah/Madrasah
  4. Memiliki kesehatan yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran.

Lulusan tahun 2022 menjadi syarat prioritas utama pendaftaran di tahun ini, sedangkan untuk lulusan 2018, 2019 serta 2020 tidak diperkenankan untuk mengikuti SPAN PTKIN 2022.


Pastikan bahwa NISN Anda aktif dan terdaftar di database NISN Nasional. Sebagai pengalaman tahun sebelumnya NISN masih banyak yang bermasalah sehingga menghambat di dalam proses pendaftaran. Silahkan cek disini https://nisn.data.kemdikbud.go.id/


Surat rekomendasi sekolah sangat penting dan menjadi hak istimewah dalam pendaftaran. Karena tidak semua sekolah yang mengizinkan untuk mengikuti SPAN PTKIN dengan alasan tidak sesuai jurusan seperti IPA dan IPS. Mohon dicatat bahwa semua jurusan dapat diterima pendaftaran di SPAN PTKIN asalkan dengan surat rekomendasi sekolah.


Jadi, pastikan 4 persyaratan diatas sudah Anda persiapkan dengan baik. Bagi Anda yang belum di terima di SPAN PTKIN, Anda masih bisa mengikuti UMPTKIN.


Selain lolos dalam seleksi pendaftaran yang terlebih penting adalah bagaimana agar lulus 100 persen SPAN PTKIN 2022 dan di terima di perguruan tinggi negeri keislaman?. Berikut tips yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.


Tips Lulus SPAN PTKIN 2022

1. Nilai rapor neningkat secara periodik

Usahakan nilai rapor Anda meningkat secara grafik di tiap semesternya. Misalnya di semester 1 nilai Anda 80 maka di semester 2 nilai Anda harus meningkat menjadi 81, 82, 83 dan seterusnya.

2. Punya Sertifikat Prestasi

Usahakan Anda memiliki sertifikat prestasi minimalnya tingkat provinsi. Akan labih baik lagi jika memiliki settifikat prestasi tingkat nasional. Fungsi sertifikat ini untuk menopang nilai Anda yang kurang bagus.

3. Pertimbangkan memilih jurusan

Jangan salah memilih jurusan dan universitas. Anda harus pintar-pintar dan mempertimbangkan dengan baik. Artinya usahakan universitas yang Anda pilih tidak jauh dari domisili Anda. Sebab setiap universitas pasti memprioritaskan putra putri daerahnya untuk lolos di SPAN PTKIN.


Ingat. tips ini tidak mutlak menjamin Anda lolos SPAN PTKIN karena setiap orang memiliki hokinya masing-masing. Akan tetapi tips diatas adalah pengalaman terbaik di SPAN PTKIN 2021 yang bisa di jadikan referensi.


UMPTKIN 2022

Ketika Anda belum beruntung di SPAN PTKIN, maka Anda masih bisa mengikuti jalur UMPTKIN. Di jalur ini Anda harus mengeluarkan uang untuk pendaftaran. UMPTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.


Syarat UMPTKIN 2022

Persyaratan siswa yang bisa mengikuti UMPTKIN 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu’adalah yang lulus tahun angkatan 2020, 2021 serta 2022.
  2. Membayar uang pendaftaran sebesar 200.000.

Kelompok Ujian UMPTKIN 2022

Kelompok ujian UMPTKIN di bagi menjadi 2 yakni; Kelompok ujian IPA dan Kelompok ujian IPS. Ada perbedaan antara kelompok ujian IPA dan IPS. Namun hal ini tidak mempengaruhi jurusan sekolah yang saat ini Anda jenjangi baik saat di SMA atau di MA.


Misalnya Anda ingin mengambil jurusan yang berbau agama ataupun berbau sosial maka Anda bisa mengikuti UMPTKIN di kelompok ujian IPS.  Sebagai contoh, Anda mengambil jurusan ilmu hadis atau sastra arab maka nantinya Anda bisa mengikuti kelompok ujian IPS.


Hal ini bisa berbeda jika Anda mengambil jurusan IPA. Misalnya jurusan tadris bahasa inggris atau fisika maupun tadris matematika maka Anda mengikuti UMPTKIN di kelompok IPA. 


Berikut Program Studi Jalur UMPTKIN:

  1. Hukum Keluarga (HK)
  2. Hukum Ekonomi Syariah (HES)
  3. Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH)
  4. Hukum Pidana Islam (HPI)
  5. Hukum Tata Negara (HTN)
  6. Pendidikan Agama Islam (PAI)
  7. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  8. Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  9. Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  10. Pendidikan Matematika (PMA)
  11. Pendidikan Fisika (PFS)
  12. Pendidikan Kimia (PKM)
  13. Pendidikan Biologi (PBL)
  14. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  15. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
  16. Aqidah dan Filsafat Islam (AFI)
  17. Studi Agama-Agama (SAA)
  18. Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT)
  19. Sosiologi Agama (SA)
  20. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
  21. Bimbingan dan Konseling Islam (BKI)
  22. Manajemen Dakwah (MD)
  23. Penyuluhan Masyarakat Islam (PMI)
  24. Adab dan Sastra Arab (ASA)
  25. Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI)

Soal UMPTKIN 2022

Materi ujian yang akan diujikan di umptkin 2022 terbagi menjadi 5 kelompok.

1. TKD (Tes Kemampuan Dasar)
2. Kebahasaan
3. Keislaman
4. Bidang IPA
5. Bidang IPS


Tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) mencakup kemampuan verbal kuantutatif. Yakni soal-soal sinonim, antonim, analogi maupun kuantitatif.


Tes Kebahasaan, Anda akan di uji soal-soal bahasa arab, bahasa inggris serta bahasa indonesia.


Tes Keislaman mencakup soal-soal al-qur'an hadis, fikih, SKI, serta akidah akhlak. Soal ini seperti mapel PAI yang pernah Anda pelajari di SMA atau MA.


Bidang IPA adalah khusus bagi Anda yang masuk kelompok ujian IPA. Materi soalnya mengenai mata pelajaran IPA yakni fisika, kimia, biologi dan matematika.


Bidang IPS materi soal yang diujikan adalah mata pelajaran geografi, ekonomi, sejarah indonesia dan juga sosiologi.


Tips Lulus UMPTKIN 2022

1. Riset Jurusan

Lakukan riset data atau informasi terkait jurusan-jurusan terhadap peminatnya atau daya tampung di sebuah universitas. Misalnya, jurusan HKI daya tampung 100 dengan sedikit peminat. Jadi lihatlah peminat dan daya tampung di tiap-tiap jurusan universitas yang ada.


2. Pelajari Materi UMPTKIN

Persiapkan diri sejak awal untuk mepelajari kembali materi pelajaran di sekolah Anda jangan menunggu saat UMPTKIN tiba. Cari pembahasan soal-soal UMPTKIN tahun lalu dan tahun sebelumnya. Hal ini agar Anda bisa mengatahui dan membandingkan tipe-tipe soal dengan baik.


3. Berdoa

Usaha apapun tanpa disertai doa seakan tidak bermakna. Jadi berdoalah setiap saat untuk memperkuat keyakinan keberhasilan Anda mengikuti UMPTKIN 2022.


Selamat berjuang, kami doakan semoga berhasil dengan cita-cita Anda.

Click to comment