-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Cek PTM Kondisi Covid 19 di Sekolah
author photo
By On
Cara Cek PTM Kondisi Covid 19 di Sekolah

Cara mengetahui kesiapan PTM terbatas kondisi covid 19 di sekolah melalui laman https://sekolahaman.kemkes.go.id/ dan https://madrasahaman.kemkes.go.id/.


Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengembangkan Sekolah Aman agar pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah (satuan pendidikan) dapat berlangsung aman dari penularan Covid-19. 


Sistem ini digunakan untuk memantau setiap warga sekolah sehingga Satgas Covid-19 Sekolah dapat mengambil tindakan untuk mengantisipasi adanya warga sekolah yang beresiko menularkan Covid-19.


Layanan Sekolah Aman dari Covid-19 merupakan sebuah layanan yang kembangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk memonitoring kasus Covid-19 di Sekolah yang terjadi kepada warga sekolah ataupun orang terdekat warga sekolah.


Layanan ini mempunyai peranan untuk memastikan bahwa Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah berjalan dengan aman dan nyaman, melalui integrasi data, layanan ini mampu mendeteksi warga sekolah ataupun orang terdekat warga sekolah yang merupakan pasien pengidap Covid-19 atau kontak erat dari pasien Covid-19, sehingga pasien tersebut dilarang untuk bepergian keluar rumah, utamanya yaitu dilarang bepergian ke Sekolah untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka ataupun melakukan kegiatan kependidikan di lingkungan sekolah.


Dalam dasbor layanan tersebut, Anda bisa melihat rekapan warna indikator, yakni terkait warna yang berbeda-beda untuk setiap orangnya. Warna ini dijadikan identifikasi seseorang yang terbagi menjadi empat indikator warna.


1. Hitam


Apabila menunjukkan warna hitam, artinya orang tersebut terinfeksi virus Corona. Jika tidak, orang tersebut melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi COVID-19. Maka orang yang indikatornya berwarna hitam tidak boleh beraktivitas di ruang publik.


2. Merah


Orang yang pada layar aplikasi berwarna merah artinya orang tersebut belum melakukan vaksinasi, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Mereka juga tidak diperkenankan berada di ruang publik atau fasilitas umum.


3. Oranye atau kuning


Warna oranye atau kuning menandakan pengunjung baru menerima vaksin dosis pertama. Atau mereka yang pernah terkonfirmasi COVID-19 dan sudah sembuh namun belum bisa melakukan vaksin karena belum tiga bulan.


4. Hijau


Warna hijau adalah indikator yang paling baik. Mereka telah melakukan vaksinasi secara lengkap (dua dosis), tidak ada hasil positif atau kontak erat dengan pasien COVID-19 sehingga aman jika melakukan kegiatan di ruang publik.


Cara Login Sekolah Aman

1. Kunjungi laman laman https://sekolahaman.kemkes.go.id/ dan https://madrasahaman.kemkes.go.id/.


2. Login dengan akun SDM.


3. Klik menu "warga sekolah" untuk menampilkan daftar indikator.

Click to comment