-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Input Nilai UPK Dapodik 2022.a Baca Dulu Panduannya!
author photo
By On
Panduan Input Nilai UPK Dapodik 2022.a

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran Aplikasi Dapodik versi 2022.a.


Adapun perbaikan nilai UPK untuk jenjang PKBM/SKB dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.


Sesuai dengan Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, nilai UPK menjadi salah satu syarat untuk dasar kelulusan pada pendidikan kesetaraan.


Sebagaimana tertuang pada Prosedur Operasional Standar Ujian Pendidikan Kesetaraan tingkat satuan pendidikan, distribusi ijazah Pendidikan Kesetaraan di daerah mengacu pada hasil input nilai UPK di Dapodik.


Jika saat melakukan penginputan nilai UPK daftar mata pelajaran yang ditampilkan belum sesuai, satuan pendidikan dapat memperbaiki isian pembelajaran di semester genap TA 2020/2021.


Penginputan nilai UPK (warga belajar) dilakukan oleh PTK yang mengajar pada setiap kelas, dengan menggunakan fitur tukar pengguna atau login aplikasi dapodik menggunakan akun PTK.


Panduan Penginputan Nilai UPK (Dapodik versi 2022.a)

Alur Penginputan Nilai UPK oleh Satuan Pendidikan/Lembaga.


Pastikan berhasil Login di Aplikasi Dapodik 👉 Validasi 👉 Tarik Data 👉 [jika daftar mata pelajaran yang tampil tidak sesuai pada saat penginputan] 👉 Logout Aplikasi Dapodik 👉 Pilih Semester Genap 2020/2021 Saat Login 👉 Perbaiki Isian Pembelajaran 👉 Logout Aplikasi Dapodik 👉 Pilih Semester Genap 2020/2021 Saat Login 👉 Input nilai UPK 👉 Sikron8sasi 👉 Selesai.


Tarik Data

Sebelum melakukan penginputan nilai UPK, satuan pendidikan wajib melakukan tarik data menggunakan akun operator atau kepala satuan pendidikan.


Tarik data bertujuan untuk menurunkan data warga belajar yang terdaftar di semester ganjil TA 2020/2021 dan data referensi pembelajaran semester genap TA 2020/2021 dari server pusat ke Aplikasi Dapodik lokal.


Perbaiki Isian Pembelajaran di Semester Genap TA 2020/2021.

Klik menu rombongan belajar 👉 klik sub menu reguler  👉 pilih rombel yang akan diperbaiki  👉 klik tombol pembelajaran  👉 perbaiki isian pembelajaran  👉 klik simpan untuk menyelesaikan proses ini.


Penginputan Nilai UPK (Mata Evaluasi UPK)

Untuk menginput nilai UPK, klik menu Nilai 👉 klik sub menu UPK. 👉 Pada tabel mata evaluasi UPK  👉 pilih rombongan belajar yang akan diisi mata evaluasinya 👉 klik tombol tambah 👉 lalu isi nama mata evaluasi, nomor urut, dan KKM pengetahuan 👉 Klik simpan untuk menyelesaikan proses ini.


Penginputan Nilai UPK (Warga Belajar)

Penginputan nilai UPK (warga belajar) dilakukan oleh PTK yang mengajar pada setiap kelas, dengan menggunakan fitur tukar pengguna atau login aplikasi dapodik menggunakan akun PTK.

  1. Klik salah satu mata evaluasi, selanjutnya akan tampil data warga belajar yang terdapat pada rombongan belajar yang dipilih sebelumnya.
  2. Input nilai UPK pada tabel ini dengan cara klik ganda pada salah satu nama warga belajar, dan lengkapi isian nilainya.


Data yang ditampilkan adalah data warga belajar yang terdaftar pada semester ganjil TA 2020/2021.


Setelah melakukan penginputan nilai UPK, satuan pendidikan wajib melakukan sinkronisasi menggunakan akun kepala satuan pendidikan. Sinkronisasi bertujuan untuk mengirimkan hasil penginputan nilai UPK ke server pusat.

Unduh panduan pengisian nilai UPK untuk jenjang PKBM/SKB. Semiga berhasil.

Click to comment