-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Pedoman LDBI dan NSDC 2021 SMA
author photo
By On
Pedoman LDBI dan NSDC 2021 SMA

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) 2021 jenjang SMA dengan tema “Speak of Your Mind, Speak for Indonesia.”


Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang komunikasi, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempersiapkan program kompetisi debat bahasa yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC).


Kompetisi debat meliputi Lomba Debat Bahasa Indonesia dan National Schools Debating Championship, yang masing-masing memiliki format yang berbeda, yakni :

  1. Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) menggunakan format debat Parlemen Asia
  2. National Schools Debating Championship (NSDC) menggunakan format World School dan menjadi ajang seleksi untuk lomba debat tingkat dunia atau World Schools Debating Championship (WSDC)


LDBI dan NSDC 2021 merupakan lomba debat bagi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat dalam debat. Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.


Pelaksanaan seleksi debat secara daring bidang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) dilaksanakan berdasarkan tahapan yakni :

Seleksi Tingkat Provinsi

1. Pendaftaran peserta dilaksanakan pada 10 s.d 25 Mei tahun 2021
2. Seleksi tingkat Provinsi dilaksanakan sebagai berikut.
a. LDBI pada tanggal 4 Juni 2021
b. NSDC pada tanggal 8 Juni 2021
3. Bagi peserta terbaik peringkat I, II dan III di provinsi akan mewakili ke tingkat nasional.
4. Bagi peserta terbaik I, II dan III yang merupakan gabungan dari beberapa SILN akan mewakili ke tingkat nasional.

Kompetisi Tingkat Nasional

1. Uji coba LDBI dan NSDC dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 12 Juli 2021
2. LDBI tingkat Nasional dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 26 Juli 2021
3. NSDC tingkat Nasional dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 14 Agustus 2021


Untuk informasi lebih lengkap silakan unduh juknis pada link berikut: Pedoman LDBI NSDC 2021


Panduan Teknis ini menjelaskan langkah-langkah yang menjadi pilihan terbaik pelaksanaan seleksi dengan tetap memperhatikan dan mewajibkan pelaksanaan Protokol Covid 19, yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program ini diharapkan mampu memperoleh potensipotensi peserta didik yang unggul di bidang debat, dan berkesempatan untuk tampil menunjukan kemampuannya di tingkat internasional.

Click to comment