-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Whistleblower Kemdikbud Apa Itu?
author photo
By On

Apa itu Whistleblowing System (WBS) Kemdikbud?

Whistleblowing System (WBS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan aplikasi berbasis laman mengenai pengaduan dari masyarakat untuk menangani sebuah tindakan yang menurut peraturan pemerintah dapat dikatakan sebagai sebuah pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti korupsi, kolusi, nepotisme dan lain-lain. Pengaduan yang telah dilakukan kemudian akan dianalisa, diklarifikasi, dilaporkan, dan ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang bersangkutan, seperti Inspektorat Jenderal selaku pengawas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Aplikasi Whistleblowing System (WBS) dibuat dengan tujuan mempermudah pengaduan masyarakat mengenai tindakan yang merugikan orang lain dan Negara yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Masyarakat yang melaporkan menggunakan Whistleblowing System (WBS) identitasnya akan dirahasiakan. Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat juga dapat melihat proses tindaklanjut dari pengaduan.


LANGKAH PENGADUAN

Tahapan dalam pengaduan menggunakan Whistleblowing System Kemdikbud adalah sebagai berikut:

1. Buka Whistleblowing System Kemdikbud melalui browser (Google Chrome atau Mozila FireFox) dengan alamat https://wbs.kemdikbud.go.id/

2. Akan muncul laman Whistleblowing System Kemdikbud, kemudian pilih “Lapor Sekarang!”

3. Selanjutnya akan muncul halaman login. Agar dapat melaporkan menggunakan Whistleblowing System (WBS), pengguna tidak perlu melakukan daftar atau registrasi. Pengguna hanya perlu masuk menggunakan email yang aktif dan kata sandi, selanjutnya pilih tombol masuk. Jika lupa kata sandi Anda, silahkan menghubungi pengaduan.itjen@kemdikbud.go.id.

4. Selanjutnya akan masuk kehalaman pengaduan Whistleblowing System (Wbs)

5. Untuk melakukan pengaduan kilik Buat Pengaduan Baru, isi semua form nya

6. Centang pernyataan “Saya menyatakan bahwa pengaduan yang saya tulis benar adanya”. Selanjutnya pilih kirimkan pengaduan untuk mengirimkan pengaduan, atau kosongkan isian apabila anda ingin menghapus isian formulir.


Pada halaman laporan pengaduan terdapat menu view ticket, ticket list, create new ticket. Untuk menu view ticket, menampilkan detail informasi status dari tiket pengaduan seperti nomor antrian, deskripsi, status, dan lainlain.


Tiket list berisi history pengaduan atau daftar pengaduan yang pernah Anda lakukan. Kegunaan menu Tiket list sama dengan menu list pengaduan. Jika telah melakukan beberapa pengaduan, Anda dapat menggunakan menu show filter pencarian. Menu-menu pada filter berupa status, kategori, prioritas, dan tanggal pengaduan dibuat. Selain itu, jika anda mengklik tabel history maka akan muncul detail informasi.


Proses pengecekan pengaduan yang telah anda buat dapat dilihat pada menu dashboard. Setelah anda membuat pengaduan, maka status pengaduan telah diterima oleh admin dengan total jumlah pengaduan yang telah di buat (tiket). Misalkan pengaduan yang telah anda buat 1, maka pada status diterima akan menampilkan 1 tiket.


Selanjutnya tiket pada status diterima akan berpindah ke status telah dijawab, kemudian akan berpindah ke status berikutnya jika memang pengaduan yang dibuat benar. Sedangkan jika pengaduan anda terbukti tidak benar, maka poin tiket pada status diterima akan berpindah ke status belum dapat ditindaklanjuti.


Unduh user manual aplikasi wbs kemdikbud disni

Click to comment