-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Pedoman Kegiatan Pesantren Ramadhan PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK 2021
author photo
By On
Pedoman Kegiatan Pesantrenn Ramadhan Peserta Didik Di Sekolah Tahun 2021

Pedoman Kegiatan Pesantren Ramadhan Jenjang PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK Tahun 2021.


Pesantren Ramadan merupakan kegiatan pendidikan keagamaan yang bersifat intrakurikuler dan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan formal baik yang berbasis agama maupun umum. Kegiatan ini dilaksanakan pada Bulan Ramadan.


Pesantren Ramadan mengandung arti suatu rangkaian kegiatan pembelajaran agama secara totalitas (adanya penginapan/pemondokan selama satu hari atau lebih) yang dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan di Bulan Ramadan dalam rangka mempersiapkan anak didiknya untuk menjadi generasi yang memiliki kedalaman spiritual dan berkepribadian Islami.


Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun dan mengembangkan potensi peserta didik. Peserta didik hari ini adalah pemimpin bangsa di masa yang akan datang, potensi mereka adalah harapan bagi masa depan bangsa. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan di semua jalur jenjang dan jenis pendidikan wajib menyelenggarakan pendidikan agama.


Atas dasar itulah Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Pendidikan Agama Islam pada Sekolah (PAIS) berkontribusi pada pembentukan karakter peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah Kegiatan Pesantren Ramadan di Sekolah adalah sebuah kegiatan untuk membentuk kepribadian, penanaman nilai-nilai religi dan memberikan kesadaran bahwa pendidikan agama merupakan kebutuhan bagi setiap muslim.


Dalam kegiatan tersebut juga ditanamkan serta dibangun sikap religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, penguatan moderasi beragama dan karakter siswa sehingga memiliki semangat amar ma’ruf nahi munkar dan berakhlak mulia untuk mewujudkan Islam Rahmatan lil ‘Alamin.


Agar kegiatan Pesantren Ramadan dapat berjalan dengan baik dan lancar, perlu disusun pedoman pelaksanaan kegiatan.


Selain itu, buku Panduan Kegiatan Pesantren Ramadlan sebagai acuan, panduan, ramburambu dan penyeragaman dalam melaksanakan kegiatan Ibadah Puasa Ramadlan pada jenjang PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK; yang pelaksanaannya banyak melibatkan unsur terkait, Guru PAI PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK beserta Kepala Seksi PAIS/PAKIS, Kepala Sekolah dan Pengawas PAI.


Semoga buku Panduan Kegiatan Pesantren Ramadlan ini bermanfaat dan menjadi pedoman dalam melaksanakan kegiatan Ibadah Puasa Ramadlan bagi setiap Satuan Pendidikan pada semua jalur, jenjang dan jenis Pendidikan wajib menyelenggarakan Pendidikan Agama dan Pengelolaan Pendidikan Agama, melalui proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler PAI dikalangan Peserta Didik atau Siswa PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK baik Negeri maupun Swasta.


Unduh Pedoman Pesantren Ramadan 2021.pdf

Click to comment