-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Error Tahun Lahir Saat Perbaikan Data Dapodik
author photo
By On
Error Tahun Lahir Saat Perbaikan Data Dapodik

Aplikasi Dapodik versi 2021.e melakukan perubahan bisnis [Pembaruan] Penambahan perizinan karakter spesial pada nama, nama ibu kandung, nama ayah, nama wali di formulir peserta didik.


Pada formulir/tabel data wali siswa yang tadinya diisi dengan data orang tua (ayah) pilihannya defaultnya menjadi tidak jika peserta didik tidak memiliki wali. Biasanya data ini akan berpengaruh jika Anda melakukan perbaikan pada formulir peserta diildik.


Kasus yang sering terjadi adalah masalah error pada tahun lahir. Misalnya ketika Anda melakukan update pada data KIP dan saat menyimpan data muncul pesan "error tahun_lahir" sehingga data tidak bisa tersimpan.


Jika Anda perhatikan pada formulir peserta didik mungkin Anda tidak menemukan kesalahan disana karena tabel tahun lahir sudah terisi dengan benar dan terkunci. Jika kesalahan terjadi pada tahun lahir siswa maka harus dioakukan verval.


Error pada tahun lahir ini bukan terjadi pada tahun lahir peserta didik namun masalah ini dipengaruhi oleh adanya perubahan data formulir wali siswa.


Langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah cukup dengan menghapus tahun lahir pada data wali siswa yang terisi angka "0" kemudian pilih tidak mengisi jika peserta didik tidak memiliki wali selanjutnya simpan data perubahan.


Semoga berhasil.

Click to comment