-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

BELAJAR MERAJUT DENGAN MUDAH UNTUK PEMULA
author photo
By On

 

BELAJAR MERAJUT UNTUK PEMULA


Merajut adalah hobi yang menyenangkan dan bisa dipelajari oleh siapa saja. Termasuk kamu ^^

Merajut ada dua jenis, yakni Knitting dan Crocheting. Yang akan saya bahas kali ini adalah Crochet. Biasanya istilah knitting lebih sering disebut sebagai merajut, sedangkan Crochet biasanya disebut merenda. Tapi disini saya tidak akan membahas perbedaan antara Knitting dan Crochet.




Sebelum merajut kita perlu tahu terlebih dahulu apa saja yang diperlukan untuk merajut dan bagaimana teknik dasar merajut. Teknik dasar merajut akan kita bahas nanti. Hari ini kita akan membahas apa yang diperlukan untuk merajut.




BELAJAR MERAJUT DENGAN MUDAH UNTUK PEMULA


Alat dan Bahan yang perlu disediakan

1. Crochet Hook/Hakpen

Ada banyak jenis Hakpen yang akan kalian temui. Dari yang bahannya bambu, aluminium, plastik, kayu, bahkan baja. Beberapa Hakpen memiliki pegangan ergonomis yang lebih besar yang dirancang kenyamanannya saat dipegang. Untuk pemula sebaiknya anda memilih Hakpen yang benar-benar nyaman saat digunakan, agar saat merajut lama tangan anda tidak pegal. Saya sarankan anda menggunakan Hakpen bahan aluminium. Saya biasanya memakai Hakpen merk Clover ataupun Tulip yang banyak ditemukan di toko offline maupun online. Gunakan Hakpen yang menurut anda nyaman saja.

Selain jenis bahan Hakpen, yang perlu anda perhatikan lagi adalah ukuran hakpen. Hakpen Clover biasanya menggunakan ukuran matric, sedangkan tulip biasanyamenggunakan ukuran US. Berikut kami share perbandingannya.

BELAJAR MERAJUT DENGAN MUDAH UNTUK PEMULA

Ukuran hakpen ditentukan dari ukuran dan jenis benang apa yang akan kita rajut.




2. Yarn/benang

Jenis dan bahan benang serta ukurannya sangat beragam. Mulai yang paling kecil lace sampai yang bulky dan masih ada yang lebih besar lagi.  Ukuran benang rajut yang beredar di pasaran biasanya menggunakan 2 standar paling umum yaitu standar Amerika dan standar Inggris. Standar Amerika yaitu: 1: Super Fine, 2: Fine, 3: Light, 4: Medium, 5: Bulky dan 6: Super Bulky. Sedangkan standar Inggris menggunakan istilah ply; 2 ply, 4 ply, 5 ply dan seterusnya. Biasanya di bungkus benangnya selalu ada keterangan benang termasuk jenis ukuran yang mana dan nomer berapa hakpen yang cocok untuk benang tersebut. Menentukan jenis benang dan hakpen adalah dasar dari merajut. Untuk memudahkan dalam menentukan ukuran hakpen anda bisa melihat tabel berikut ini.

BELAJAR MERAJUT DENGAN MUDAH UNTUK PEMULA


3. Isian 

Poly-fil Premium Polyester Fiber Fill untuk isian boneka rajut atau biasa dikenal namanya Amigurumi. 




4. Bahan untuk wajah (Amigurumi)

Jika Anda ingin merajut Amigurumi maka yang diperlukan untuk menghias wajah adalah denga menggunakan safety eyes, safety noses. 




5. Gunting/Korek api

Alat yang diperlukan untuk merajut adalah gunting untuk memotong benang. Anda juga bisa menggunakan korek api untuk memotong benang yang terbuat dari bahan polyster agar searbut benang tidak berantakan.




6. Tapestry needle 

Tapestry needle adalah jarum tumpul bermata besar. Mata yang besar ini berguna untuk menampung benang atau serat yang lebih tebal daripada jarum jahit biasa. 




7. Stitch Marker

Dengan Stitch Marker anda akan sangat terbantu untuk menandai round rajutaan terutama jika rajutan spiral. 

Sebenarnya masih banyak lagi bahan dan alat yang diperlukan untuk merajut tergantung project apa yang akan dibuat. Misal untuk membuat tas, bisa diperlukan alas tas atau dalaman tas. Tapi yang pailng penting untuk merajut adalah hakpen, benang, gunting, tapestry needle dan stitch marker.


Jadi Perajut asik lho, anda juga bisa melakukannya!

Click to comment