-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

 Link Registrasi PBSB 2021 Cara Daftarnya 2 Tahap👇
author photo
By On
Link Registrasi PBSB 2021 Cara Daftarnya 2 Tahap

Dilansir melalui laman resminya (https://kemenag.go.id/) Pendaftaran PBSB tahun 2021 dibuka selama 1 bulan sejak 16 Maret hingga 15 April dan berbasis online. Seperti informasi sebelumya, ada dua program pilihan beasiswa yakni program sarjana (S1) dan program magister (S2).


Akses beasiswa pada program studi yang dibuka tahun ini didesain untuk dapat memperkuat manajemen dan tiga fungsi pesantren, pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat. Untuk mengetahui pilihan program studi PBSB 2021 Anda bisa melihatnya disini.


Tahapan Pendaftaran PBSB tahun 2021

Pendaftaran PBSB tahun 2021 dilakukan secara online. Untuk registrasi, silahkan klik: Pendaftaran PBSB 2021. Sedangkan mekanisme pendaftaran online ini dilakukan melalui dua tahapan sebagai berikut: 

Tahap Pertama

Operator pesantren mendaftarkan profil lembaganya lengkap dengan Nomor Statistik Pesantren (NSP). Jika pondok pesantren belum memiliki NSP ataupun NSP yang dicantumkan tidak sesuai dengan database EMIS Ditjen Pendidikan Islam, maka secara otomatis proses registrasi tidak dapat dilanjutkan. Perbaiki data melalui Emis dan lakukan sinkronisasi.


Jika data pesantren sudah ditemukan, selanjutnya operator hanya perlu memilih nama-nama santri yang akan didaftarkan. Nama santri termuat dalam daftar santri yang selama ini dilakukan pemutakhiran data oleh operator pesantren. Dan selanjutnya santri akan mendapatkan nomor registrasi.

Tahap kedua

Santri bersangkutan login ke aplikasi dengan menggunakan nomor registrasi yang diterima, lalu melengkapi form isian serta dokumen yang diminta. Misalnya, biodata lengkap santri, dokumen dan informasi pribadi dan keluarga, rapot hingga sertifikat prestasi santri.


Pastikan data-data yang Anda masukkan tidak salah. Data dan dokumen santri ini yang kemudian akan diseleksi secara otomatis oleh sistem aplikasi pendaftaran.


Agar tidak terjadi masalah saat melakukan pendaftaran sebaiknya silahkan membaca panduan pendaftaran (Booklet Pendaftaran) serta menentukan pilihan jurusan yang diminati dan sesuai kemampuannya. Sebelum mendaftar lebih dulu memahami secara betul jurusan-jurusan yang akan dipilih, serta prosedur dan dokumen persyaratan sesuai pedoman pendaftaran PBSB. Hal ini agar Anda dapat juga mengukur kemampuan pada jurusan yang dipilih dan tidak mengundurkan diri ketika sudah dinyatakan lulus seleksi.


Selain panduan pendaftaran, Anda perlu memahami komponen beasiswa yang akan diterima oleh santri yang lulus seleksi. Bahkan sanksi juga akan diberikan bagi santri yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi dan atau saat kuliah di perguruan tinggi.


Selanjutnya Pondok pesantren tidak akan diperkenankan mendaftar PBSB selama satu tahun, ketika terdapat santri yang mengundurkan diri atau melanggar komitmen yang disepakati.

Click to comment