-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

KISI-KISI TKA SAINTEK SOSHUM SBMPTN 2021
author photo
By On

 

KISI-KISI TKA SAINTEK SOSHUM SBMPTN 2021

Halo, Pejuang UTBK 2021! 




Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT adalah dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta yang banyak dan waktu yang cepat  serta hasil tes diberikan secara individu. UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan maksimal umur 25 Tahun. UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).


Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tidak terpisah dari SBMPTN.





Balik lagi nih, MejaKita membagikan Buku Saku Masuk PTN secara cuma-cuma. Kali ini, Kitty bakal bedah segala hal tentang “Kisi-kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA)” . Seperti yang telah kita tahu, UTBK 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, tes yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari 5 subtes antara lain:



1. Penalaran Umum + Soal Panda
2. Pemahaman Bacaan & Menulis
3. Pengetahuan & Pemahaman Umum
4. Bahasa Inggris
5. Pengetahuan Kuantitatif



Pada tahun 2019, tes masuk perguruan tinggi negeri ada dua, yaitu Tes PotensiSkolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan berpikir yang diperlukan untuk keberhasilan proses pendidikan di sekolah formal,khususnya di perguruan tinggi. TKA berfokus pada pengukuran penalaran tingkat tinggi ( higher order thinking skills ). TKA dibedakan menjadi SAINTEK untuk jurusan IPA dan SOSHUM untuk jurusan IPS.




Sekarang bukan waktunya main-main, wahai pejuang UTBK!
Sainganmu diluar sana juga sedang belajar. Latihan Soal dan doa adalah jalan terbaik untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2021




Jadikanlah Latihan Soal menjadi Jalan Ninja mu dulu untuk meraih cita-citamu. Hadapi UTBK!! dengan persiapan yang mumpuni.





Kalian juga bisa cek Kisi-Kisi lainnya disini
Kompilasi Materi TPS UTBK disini
Simulasi SBMPTN disini
Soal Asli TPS UTBK 2019 sebagai latihan soal bisa cek disini Pelajari juga soal soal yang pernah keluar kaena kemungkinan bisa keluar lagi tahun ini. Bisa sama persis, bisa berbeda angka dan formatnya saja.
PUEBI untuk mengahdapi UTBK SBMPTN





Jangan sampai merasa kalah sebelum berperang yaaa
Tetap semangat dan percaya diri. Belajar yang sungguh-sungguh, berdoa dan minta ridlo kedua orang tua. Semoga kalian dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri Favorit Kalian!!!


Click to comment