-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Cek NRG 2021 Guru PAI lulus PPG
author photo
By On

Pentingnya NRG Nomor Registrasi Guru ini karena adanya NRG menjadi landasan pembayaran tunjangan profesi. NRG menjadi bukti tambahan bahwa guru yang bersangkutan adalah guru profesional yang konsekuensinya guru tersebut berhak mendapatkan tunjangan profesi.

Cara Cek NRG 2021 Guru PAI lulus PPG

Ada kabar baik bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI), sebagai pengguna SIAGA, terutama bagi guru PAI yang tersertifikasi mulai pada tahun 2019. Sebab, sistem SIAGA ini sudah terintegrasi dengan sistem penerbitan Nomor Register Guru (NRG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).


Melalui aplikasi Siaga Pendis, sorang guru yang sudah dinyatakan lulus PPG dan setelah mengunggah sertifikatnya dalam sistem, jika Kankemenag dan Kanwil telah melakukan verval, maka NRG akan terbit dalam waktu kurang dari 24 Jam.


Artinya bahwa sistem Siaga yang sudah terintegrasi ini mampu memberikan layanan langsung kepada guru untuk mendapatkan NRG. SIAGA yang sudah terintegasi dengan sistem penerbitan NRG Kemdikbud, sehingga setiap guru yang telah tersertifikasi bisa langsung memperoleh NRG.


Terintegrasinya dua aplikasi layanan guru ini merupakan buah perjalanan panjang tim sertifikasi Direktorat PAI dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dan khususnya para pendidik.


Beberapa rapat koordinasi teknis dua kementerian baik secara daring maupun luring telah menyepakati hal-hal yang diharapkan dapat memberikan layanan prima kepada masyarakat. Pemberian akses ini meneguhkan komitmen bersama dalam melayani masyarakat pendidikan.


Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Islam c.q. Direktorat PAI mengelola pangkalan data sertifikasi guru PAI melalui SIAGA yang merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama.


Pengguna SIAGA ini tidak hanya guru pendidikan agama Islam, namun juga dimanfaatkan pula oleh guru pendidikan agama Hindu, Buddha dan Kristen. SIAGA juga sudah mengalami “mutasi” dalam berbagai bentuknya, salah satunya adalah SPACE (Sistem Pembelajaran Agama cara Elektronik) yang merupakan aplikasi pendukung e-learning dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Click to comment