-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Aplikasi Pengolah Kata Profesional Selain Ms Word 👍
author photo
By On
Aplikasi Pengolah Kata Profesional

Untuk menunjang pekerjaan yang bersifat keadministrasian profesi kita membutuhkan aplikasi pengolah kata yang terbaik. Tidak hanya penulis artikel, dosen, guru, siswa, digital marketer, copywriter atau script writer semua menggunnakan aplikasi tersebut untuk menyiapkan dan mengelolah dokumen.


Kalaulah jaman dahulu kita hanya mengenal sebatas pada Microsoft Word dan Pages, saat ini sudah ada belasan atau bahkan puluhan aplikasi alternatif pengolah kata profesional yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.


Kabar baiknya, berbagai software aplikasi pengolah kata tersebut mayoritas bisa kita dapatkan secara gratis melalui internet tanpa perlu membayar lisensi atau istilah teknisnya disebut sebagai GPL. Berikut merupakan ulasan selengkapnya terkait daftar 10 aplikasi pengolah kata terbaik untuk profesional beserta fungsinya.


Secara umum fungsi Aplikasi Pengolah Kata adalah untuk memproduksi dokumen, penyuntingan dokumen, mengarsipkan dokumen, mengubah format file serta desain layout dokumen.


Aplikasi Microsoft Word #10

Siapa yang tidak kenal dengan sofware yang satu ini. Tidak bisa dipungkiri lagi jika Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata terbaik yang ada di abad ini. Dengan aplikasi ini Anda bisa leluasa berkreasi menggunakan software garapan Microsoft ini untuk kebutuhan pribadi maupun profesional.


Selain bisa di crack 😁😁😁 Aplikasi Microsoft Word secara resmi bisa didapatkan dengan membeli lisensi Microsoft Office.


Aplikasi Microsoft 365 #9

Masih satu atap dengan Microsoft Word, Microsoft 365 atau sebelumnya dikenal sebagai Office 365 adalah salah satu bagian inovasi Microsoft dalam menghadirkan layanan software produktivitas handal. Anda bisa mengaksesnya secara online dan gratis. Namun, ketika berlangganan Microsoft 365 Anda akan mendapatkan akses full version untuk Excel, PowerPoint, Word, hingga fasilitas penyimpanan berbasis cloud di OneDrive. Fitur penyimpanan cloud sebesar 1TB, space email 50GB, serta akses video conference melalui Microsoft Teams.


Akhir-akhir ini Aplikasi tersebut banyak digunakan oleh kalangan profesional karena teknologinya yang sudah terintegrasi dengan internet. Sehingga membantu peningkatan efektivitas dan kolaborasi antar divisi meskipun berada di tempat berbeda-beda.


Aplikasi Pages #8

Bagi pengguna produk Apple (Mac OS) Pages merupakan aplikasi pengolah kata profesional yang tersedia secara eksklusif . Software ini sangat nyaman digunakan untuk membuat draft artikel, laporan harian, atau proposal untuk kebutuhan bisnis perusahaan.


Anda bisa kolaborasi dengan tim karena Pages juga menyediakan fitur export dalam berbagai jenis file. Mulai dari .doc, .docx, .PDF, .TXT, dan lain sebagainya. Aplikasi Pages tersedia secara gratis tanpa perlu membayar biaya lisensi kepada developer, namun sayangnya tidak semua sistem operasi mendukung software ini.


Aplikasi Google Docs #7

Anda tentu juga sudah familiar dengan aplikasi berikut ini. Google Docs saat ini menjelma menjadi aplikasi word processor yang populer di kalangan profesional. Dengan tampilan antar muka yang hampir sama dengan Microsoft Word,  Selain dari segi tampilan yang mudah digunakan, layanan yang tersedia secara gratis juga turut mendongkrak popularitas Google Docs di berbagai kalangan.


Bahkan dokumen teks yang kita kerjakan menggunakan Google Docs ini bisa kita bagikan secara langsung ke semua orang tanpa perlu mengupload ulang. Hal ini disebabkan karena cara kerja Google Docs yang sepenuhnya terintegrasi secara online.


Aplikasi Docs To Go #6

Mungkin aplikasi ini kurang begitu popular di telinga kita. Meskipun sudah tersedia aplikasi Google Docs dan Microsoft Word versi mobile, namun Docs To Go masih sangat layak kita pertimbangkan untuk menjadi aplikasi pengolah kata bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.


Selain sebagai aplikasi yang lama, Docs To Go sejak dulu banyak digunakan oleh kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga karyawan untuk melakukan editing dokumen kaena fitur-fiturnya juga tidak diragukan lagi profesionilitasnya.


Aplikasi Wordpad #5

Wordpad termasuk aplikasi bawaan windows yang sering juga kita gunakan untuk pengolah kata. Sebagai aplikasi native di paket sistem operasi Windows, Wordpad bisa digunakan untuk mengolah teks atau dokumen sederhana yang tidak memerlukan atribut tambahan.


Di dunia professional, Wordpad sendiri banyak dimanfaatkan untuk menulis catatan meeting, LOG modifikasi software atau aplikasi. Selain itu dikalangan para blogger, notepad juga digunakan untuk membantu edit file XML serta menetralisir format dokumen yang di-copy dari jenis file lain.


Aplikasi Ez Word #4

Program ini awalnya dikembangkan oleh Andrew User Interface System, sebuah proyek kerjasama antara IBM dan Carnegie Mellon University untuk sistem operasi Linux. Sebagai alternatif Anda bisa mencoba pengolah dokumen dan kata dengan aplikasi Ez Word


Aplikasi Open Office Writer #3

Nah, aplikasi yang ini juga rokemendasi untuk dijajal. Aplikasi Open Office Writer merupakan aplikasi gratis yang hadir dengan lisensi General Public License (GPL) sehingga bebas digunakan oleh siapapun tanpa perlu membayar biaya berlangganan. Melihat dari segi fiturnya, Anda bisa menggunakan Open Office writer seperti layaknya Microsoft Word dengan kemampuan format teks hingga fleksibilitas dalam menyimpan jenis file dokumen.


Aplikasi Atlantis Word Processor #2

Dari segi nama, Atlantis Word Processor memang masih kalah popular jika disandingkan dengan Pages atau Microsoft Word. Kendati demikian, aplikasi ini cukup layak dijadikan sebagai alternatif pengolah kata untuk Anda yang memiliki hobi membuat dokumen.


Sebagai daya tariknya yang membuat Atlantis Word Processor banyak digunakan adalah kemampuannya dalam memproses kata-kata sederhana menjadi penuh makna. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara mobile karena bisa digunakan dan disimpan dalam USB drive.


Aplikasi WPS Writer #1

Salah satu rival terkuat yang menjadi pesaing Microsoft Word adalah WPS Writer. Aplikasi ini juga biasa kita gunakan untuk pengolah dokumen karena menawarkan fitur yang hampir sama seperti Ms Word.


Sebagai alternatif, WPS Writer sering dimanfaatkan bagi kalngan pekerja profesional yang masih belum bisa membeli lisensi Microsoft Office original. Bahkan, dalam beberapa kasus ada pula distributor laptop atau notebook yang secara gratis memberikan paket WPS Writer kedalam perangkat yang dijual.


Selain daftar 10 aplikasi pengolah kata di atas, diluar sana masih ada banyak alternnatif aplikasi pengolah kata lainnya yang baik dan profesional yang bisa Anda gunakan. Hanya saja untuk mengakomodir kebutuhan profesional Anda, tentu berbagai aplikasi diatas sudah cukup lengkap. Sekarang Anda tinggal pilih dari salah satu yang cocok untuk menunjang pekerjaan.


Sebagai saran jika Anda tergabung dalam perusahaan seberti lembaga/sekolah dengan tipe pengguna yang berkolaborasi serta memiliki mobilitas tinggi, lebih  kita sarankan untuk menggunakan Microsoft 365 sebagai platform pengolah kata.

Click to comment