-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Panduan Penggunaan Portal Aktivasi dan Manajemen Akun Madrasah Domain Pendidikan Madrasah V.1.0.1 - 10102020 di salin dari aslinya sebagai bahan referensi. Silahkan unduh manual book pdf disini.

Unduh Panduan Penggunaan Akun Madrasahhebat.id

Kunjungi website MORA Account Provisioning Distribution Portal pada link: akun.madrasahhebat.id

Setelah mengunjungi link diatas, anda akan disambut oleh laman utama dari MORA Account Provisioning Distribution Portal. Untuk memasuki portal, tekan tombol “Sign In” pada pojok kanan atas laman utama.


Setelah menekan tombol “Sign In”, Anda akan diminta untuk Login menggunakan akun Google. Anda hanya bisa masuk dengan akun Admin Madrasah yang diberikan kepada Anda dengan nama akun (AkunAdminAnda)@madarsah.kemenag.go.id.

Anda tidak dapat masuk ke Portal ini dengan domain selain madrasah.kemenag.go.id Silahkan masuk dengan Password Anda. Bagi yang pertama kali melakukan Login, Password Awal Anda harus dirubah dengan Password Baru yang Anda bisa ingat dan gunakan.

Gunakan Aturan Password Baru yaitu minimal 8 Karakter, Memiliki Gabungan dari Minimal 1 (satu) Huruf Besar, Huruf Kecil, Angka, dan Karakter Khusus (%,$,#,@, atau &).


Setelah anda telah berhasil Login dengan sukses, maka anda akan memasuki portal Admin Madrasah dengan halaman Dashboard sebagai halaman utama.

Halaman Dashboard akan menunjukkan berbagai informasi seperti informasi umum mengenai madrasah yang dikelola oleh akun Anda, seperti nama madrasah, NSM, provinsi, serta kabupaten atau kota madrasah tersebut.

Selain itu, Dashboard juga menunjukkan jumlah total guru dan siswa, serta jumlah total perbaikan data dan reset password yang sedang diajukan. Pada bagian bawah Dashboard, terdapat Panduan Penggunaan Aplikasi yang berisi informasi panduan tata cara penggunaan aplikasi portal ini.


Pada pojok kanan atas setiap halaman terdapat nama dan foto profil Admin Madrasah. Bila ditekan, akan muncul dropdown untuk mengakses halaman “Akun Saya” yang berfungsi untuk merubah informasi pada akun Admin Madrasah. Selain itu, juga terdapat tombol “Logout” untuk keluar dari portal.


Admin perlu memperhatikan data-data pada dashboard ini, mencocokan dengan data aktual jumlah siswa/ guru pada sekolah/ organisasinya masing-masing. Bilamana terdapat ketidaksesuaian data jumlah siswa/ guru maka perlu dilanjutkan kepada informasi detil berikutnya yaitu mencocokkan data aktual siswa/ guru dengan data pada portal ini.


Pada portal ini juga terdapat halaman Data Guru, yang berisi tabel berupa data nama dan informasi seluruh guru yang terdaftar dalam sistem. Pada bagian atas tabel terdapat kolom untuk mencari informasi mengenai guru tertentu, berdasarkan PTK ID, Nama, maupun Email. Disampingnya terdapat tombol “Download Data” yang dapat digunakan untuk mengunduh seluruh data guru dalam bentuk file “.csv”. Selanjutnya, data akun guru ini bisa langsung dibagikan kepada masing - masing Guru berdasarkan kode identitas PTK ID.


Pada tabel ini terdapat beberapa tombol “Action” yang dapat digunakan oleh Admin Madrasah untuk merubah informasi guru, yakni : fitur “Reset Password”, fitur “Kesalahan Nama”, fitur “Kesalahan Akun”.


Selain daftar guru, pada portal ini juga terdapat halaman Data Siswa, yang berisi tabel berupa data nama dan informasi seluruh siswa yang terdaftar dalam sistem. Seperti pada halaman Data Guru, halaman Data Siswa ini juga terdapat fitur-fitur “Bantuan”, “Download Data”, dan tombol-tombol “Action”, yang semua fungsinya sama menggunakan data siswa.


Portal ini juga memungkinkan Admin Madrasah untuk mendaftarkan akun baru pada madrasah yang dikelola, baik guru maupun siswa, pada halaman Akun Baru.


Pendaftaran Akun Guru membutuhkan PTK ID, nama depan, dan nama belakang guru yang akan didaftarkan. Sementara itu, pendaftaran akun siswa membutuhkan NISN, nama depan, dan nama belakang siswa yang akan didaftarkan.


Halaman Perbaikan Data berisi informasi mengenai pengusulan perubahan data akun pengguna. Pada halaman ini Admin Madrasah dapat melihat seluruh informasi perbaikan data akun yang sudah diusulkan, termasuk ID, nama, tanggal pengajuan, dan status pengusulan perbaikan data akun tersebut.


Silahkan unduh manual book pdf disini.

Proses Manajemen Akun Selain Perubahan Password masih memerlukan Persetujuan dari Admin Utama / Admin Pusat Domain Pendidikan Madrasah dengan Google for Education

- Email Helpdesk: help-desk@madrasah.kemenag.go.id

- Form Aduan Web Provisioning Kemenag: https://bit.ly/form-aduan-web-provisioning-kemenag

Click to comment