-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Ketika Anda memberikan tugas kepada siswa dalam format dokumen word yang harus dikumpulkan dalam bentuk soft copy file. Anda harus memastikan bahwa tugas tersebut murni dikerjakan oleh masing-masing siswa. Hal ini dilakukan hanya untuk menjaga dan memberi nilai yang adil.


Karena siswa semakin cerdas, bisa saja siswa meminta file dari pekerjaan siswa yang lain dengan cara copy paste file dan mengganti nama siswa sebelumnya dengan namanya. Anda tidak akan pernah tahu apakah ini benar-benar hasil murni pekerjaannya.


Sebagai contoh saat Anda mulai melakukan penilaian isi kontennya, Anda mendapati jawaban yang sama persis pada setiap dokumen yang dikumpulkan yang berbeda hanya tanggal dan nama siswa. Maka, disinilah Anda juga harus melihat siapa pembuat dokumen aslinya.


Dengan mengetahui pembuat asli dokumennya, sehingga nanti Anda akan memberi penilaian dengan cara yang berkeadilan. Dengan cara ini Anda bisa melihat data di buat, data di modifikasi secara detailnya.


Berikut Langkahnya Cara Melihat Pembuat Asli File Dokumen Tugas Siswa:

1. Buka berkas yang berisikan file-file tugas siswa Anda.

2. Klik kanan pada salah satu file yang terindikasi sama.

3. Pilih Properties, klik pada menu details. Lihat gambar dibawah ini;


Dari menu ini Anda akan melihat secara lengkap siapa pembuat aslinya dan siapa yang memodifikasi, serta file kapan data dibuat, dan kapan data dimodifikasi.


Jadi secerdas-cerdasnya siswa, maka kita sebagai guru harus lebih cerdas. Untuk membuktikan silahkan dicoba pada file dokumen yang lain.

Click to comment