-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Penugasan dan Pembaharuan Data PTK Manajemen PTK
author photo
By On

Kalau dilihat pada pembaharuan dan perbaikan dapodik versi 2021.a pada poin 7 [Perbaikan] Bugs fixing fitur penambahan/perubahan Akun GTK maka OPS sudah tidak bisa melakukan perubahan di dapodik localhost. Masalah ini biasanya menyebabkan pada PTK bersangkutan akan mengalami kendala masuk akun.


Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan pada manajemen OP Dinas dengan cara reset/replace akun kemudian OPS melakukan tarik data/sinkron. Masalah PTK ini kemarin sudah dibahas pada Tanya Dapodik sesi Penugasan dan Pembaharuan Data PTK Manajemen PTK.


Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang bisa kami tuliskan kembali.


Bagaimana cara menghapus / menonaktifkan salah satu akun PTK (ganda) yang sudah terlanjur diverifikasi?


Untuk menggantimaupun menghapus  email akun PTK yang sudah terverifikasi adalah dari manajemen Dapodik dinas pendidikan. Setelah dilakukan replace email maka akan diminta verifikasi lagi untuk email yang baru.


Akun PTK OPS terverifikasi menggunakan email admin padahal di akun sekolah PTK tidak menggunakan email admin?


Akun OPS yang masih yang terverifikasi dengan email admin ada beberapak kronologi yang menyebabkannya:

1. Saat verifikasi akun memungkinkan untuk direplace emailnya kalau saat direpalce maka otomatis username tersebut akan direpalce dengan email yang baru dan terverifikasi.

2. Adanya dobel peran dengan satu username, OPS juga merangkap sebagai PTK sehingga memungkinkan login sebagai PTK dan OPS sehingga identitasnya masih terbaca sampai sekarang kalau belum dihapus dari manajemen dinas. Solusinya adalah lapor ke manajemen Dinas.


Muncul Kepala sekolah lama di akun sp.datadik, sedangkan akun kepala sekolah baru terdapat dobel?


Silahkan hapus penugasan PTK tersebut, sedangkan untuk akun ptk yang rolenya dobel biarkan seperti itu dulu yang perlu dipastikan adalah PTK di dapodik hanya ada satu.


Email dipakai oleh dua PTK bagaimana cara mengatasinya?

Kordinasikan dengan Dinas untuk direplace salah satunya.


Data PTK di dapodik ada, di sp.datadik bagian akun tidak ada, untuk tambah akun nama PTK tidak ada, sedangkan dibagian menu PTK namanya ada. Masalahnya masuk ke link akun PTK tidak bisa login?


Silahkan kordinasikan dengan OP dinas pendidikan karena OP dinas yang mengerti riwayat dari PTK bersangkutan.


Bagaimana cara menambah guru baru dan menarik guru mutasi dari manajemen dapodik sekolah?


Menambah guru baru melalui verval PTK. Untuk guru untuk saat ini sifatnya bukan tarik menarik tetapi lebih pada penugasan, sedangkan yang melakukan penugasan guru adalah dinas pendidikan setempat. Sahkan kordinasikan dengan dinas pendidikan setempat.


Mengubah riwayat pendidikan formal PTK?


Mengubah riwayat pendidikan PTK harus dilakukan melalui laman ptk.datadik

Click to comment