Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Ada beberapa penyebab ketika melakukan sinkronisasi dapodik kemudian mendapati kegagalan. Gagal sinkron Dapodik Versi 2020 berbeda-beda pesan yang ditampilkan. Seperti misalnya "terputus dengan server". "Server sedang sibuk silakan dicoba beberapa menit lagi". "Proses sinkroniasi masih berjalan. Silahkan dicoba beberapa menit lagi...". "Tidak terkoneksi dengan database".
Gagal Sinkron Dapodik Versi 2020
Sebenarnya masalah diatas adalah masalah klasik yang sudah pernah kita alami ditahun-tahun sebelumnya sehingga mestinya kita tidak perlu menyikapinya dengan khawatir yang berlebihan dengan hal yang demikian.

Indikasi gagalnya sinkronisasi dapodik adalah server pusat mengalami down hal ini bisa saja dikarenakan adanya lalu lintas trafik yang membludak dan resource server tidak mencukupi untuk melayani service client, Sehingga hosting lambat dan akhirnya down meskipun kelihatannya normal saja. Selain itu juga server down biasanya juga terjadi pada website yang aksesnya sangat lama.

Selain itu, konektifitas kestabilan jaringan internet juga mempengaruhi, termasuk peramban yang belum termutakhirkan, Log cached history yang menumpuk tidak pernah dibersihkan. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Umumnya yaitu dengan cara melakukan pembersihan data riwayat history dan mengganti peramban bawaan dengan versi yang baru.

Termasuk gagal sinkron Dapodik versi 2020.b tidak mau singkron keterangan masih memakai prefil lama. Namun hal ini berbeda dengan kasus yang diatas. Masalah ini biasanya terjadi karena salah prosedur install Dapodik ke versi barunya. Kebanyakan OPS cara mengatasinya yaitu dengan uninstall dan install ulang dari versi sebelumnya sampai patch yang terakhir setelah itu baru generate prefill dengan register secara online.

Perhatikan versi terakhir aplikasi Dapodik yang Anda install, ikuti prosedurnya dengan benar jangan sampai meninggalkan satu patch dalam instalasinya. Misalnya versi terakhir 2020.a patch 2 maka jangan langsung install versi 2020.b patch 1, Anda harus mengikuti perkembangannya dengan baik jangan sampai tertinggal.

Solusi untuk info invalid login attempt di Dapodik paud 2020 Online. Mungkin penyebab dari masalah tersebut adalah dikarenakan salah memilih hak akses saat login sehingga sebagian Anda tidak bisa login di Manajemen PAUD-DIKMAS. Perhatikan selalu untuk login di Manajemen PAUD dengan menggunakan Login Satuan Pendidikan. bukan menggunakan akses satuan kerja.

Anda bisa menemukan artikel lainnya khusus yang membahas mengenai troubleshoot Dapodik Paud disini.

Click to comment