-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Saat melakukan sinkronisasi sering juga terjadi kegagalan koneksi dengan Dapodik Kemdikbud. Hal ini tidak hanya terjadi pada aplikasi Dapodik itu sendiri, sebagian juga mengalami gagal koneksi pada sinkronisasi aplikasi EDS PMP. Bahkan masalah ini juga terjadi pada saat registrasi LTMPT terjadi kegagalan koneksi Dapodik.
Gagal Koneksi Dengan Dapodik Kemdikbud
Kenapa terjadi kegagalan koneksi dengan dapodik kemdikbud? Jawaban umumnya kita bisa melihat kestabilan konektifitas jaringan internet yang kita pakai. Kita biasa melihat ikon internet access tampak normal dan bagus namun hal itu belum tentu menunjukkan kestabilan konektifitasnya.

Untuk mengujinya Anda bisa melakukan ping koneksi melalui Command Prompt. Langkahnya pada kolom pencarian windows ketikan cmd, layar Command Prompt akan terbuka silahkan lakukan ping pada host yang dituju. Umumnya yang dipakai adalah menuliskan ping google.com-t setelah C:\Users\namaPCanda>ping google.com-t tekan enter, dan disana Anda bisa melihat requestnya.

Jika hal tersebut tampak terlihat normal dan masih terjadi kegagalan koneksi. Pastikan bahwa aplikasi yang Anda gunakan adalah aplikasi yang versi terbaru.

Selain diatas Anda juga bisa memulainya dengan cara melakukan pembersihan data histori secara menyeluruh pada cached penjelajahan browser yang Anda pakai. Langkahnya tekan Ctrl+H tekan menu hapus data penjelajahan pilih lanjutan, rentang waktu semua dan centang semua hapus data. Atau lakukan update data browser Anda dengan yang terbaru.

Penyebab lain jika terjadi kegagalan koneksi dengan dapodik kemdikbud bisa juga karena respon server pusat yang sangat buruk karena terjadi banyaknya permintaan lalulintas data dari pengguna yang lainnya sehingga server mengalami down. Untuk melihat apakah website utama mengalami down Ada bisa melakukan tes disini http://host-tracker.com/ atau yang lainnya.

Respon server yang buruk juga menjadi penyebab terjadinya kegagalan koneksi dengan dapodik kemdikbud di LTMPT. Baca juknisnya dengan teliti.

Selain itu, pastikan bahwa sekolah Anda sudah terdaftar di database LTMPT, pastikan bahwa aplikasi dapodik yang Anda gunakan sudah versi terbaru. Perhatikan batas cut off nya

Anda juga bisa mendapatkan bantuan melaporkan permasalahan disini https://halo.ltmpt.ac.id/ atau gunakan tiket bantuan disini https://pdss.snmptn.ac.id/school/help

Diatas merupakan gambaran maksud dari terjadi kegagalan koneksi dengan Dapodik Kemdikbud. Silahkan komentar jika masih ada yang perlu dipertanyakan.

Click to comment