-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Untuk siswa-siswa yang kurang mampu dalam hal biaya dan bercita-cita ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri tahun 2020, seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2020 Oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan kesempatan peserta pelamar Program KIP Kuliah & ADIK Untuk UTBK 2020.
LTMPT Buka Program KIP Kuliah & ADIK Untuk UTBK 2020
Berikut alur dan proses peserta pelamar program KIP Kuliah dan ADIK :
A. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.
B. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik terlebih dahulu harusmempelajari prosedur pendaftaran program KIP Kuliah dan ADik melalui laman masing-masing sebagai berikut:
  1. http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. http://adik.kemdikbud.go.id/
C. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik terlebih dahulu mendaftar ke laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
D. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang dinyatakan memenuhi persyaratan mendaftar UTBK di laman https://portal.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
E. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2020, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
F. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2020, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2020.

Seperti yang kita ketahui pada tahun sebelumnya bahwa persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2020 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk dapat mengikuti tes UTBK, peserta harus membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp.200.000 / Rp.300.000 sedangkan bagi calon peserta Bidikmisi/KIP-K yang dinyatakan lolos persyaratan tidak membayar biaya UTBK.

Dengan adanya Program KIP Kuliah & ADIK tersebut membuka peluang yang sangat besar bagi Anda yang kurang mampu untuk bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri. Oleh karena itu siapkan persyaratan berkas dokumen untuk melamar peserta program KIP-K dan ADik.

Perlu diperhatikan pula agar Anda sukses dalam pendaftaran perlu adanya kordinasi dengan pihak sekolah. LTMPT telah membuat kebijakan Single Sign On (SSO) Tahun 2020, pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN harus memiliki akun di LTMPT.

Registrasi Akun LTMPT dibuat dan diakses melalui portal resmi LTMPT (https://portal.ltmpt.ac.id). Registrasi dan Akun LTMPT untuk pengisian PDSS oleh sekolah dan SNMPTN 02 Desember 2019 – 07 Januari 2020. Sedangkan Registrasi dan Akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN 07 Februari – 05 April 2020.

Tahapan Cara daftar Akun LTMPT

  1. Mendaftar melalui laman https://pendaftaranutbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.
  2. Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi/KIP-K. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  4. Cetak kartu peserta UTBK.
  5. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.
Semoga berhasil.

Click to comment