-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Kisi-Kisi Ujian adalah acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah USBN dan UN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku. bsnp-indonesia.org sudah mengeluarkan kisi-kisi UN/USBN tahun pelajaran 2019/2020 untuk semua jenjang SD, SMP, SMA, SLB, PAKET.
Kisi-Kisi Soal UN-USBN 2019/2020, POS UN-USBN 2020
Dengan dikeluarkannya kisi-kisi UN tersebut sekarag Anda bisa mempelajari ruang lingkup materi soal UN yang akan diujikan mendatang. Silahkan download di situs resminya http://bsnp-indonesia.org atau melalui link alternatif ini https://drive.google.com/drive/folders/1qmcLE0SsuWFr2V_QU3KKh5v7so4Dux6k

Untuk gambaran soal ujian UN 2019/2020 adalah Soal UN berorientasi kepada penalaran (HOTS), bentuk soal pilihan ganda namun khusus untuk Matematika SMA sederajat ada soal isian singkat. Soal-soal UN terdiri dari 3 level; Level 1 (pemahaman) sebanyak 25-30 %,. Level 2 (aplikasi) sebanyak 50-60 %,  dan level 3 (penalaran) 10-15 %. HOTS.

Sejalan dengan SK BSNP tentang Kisi-kisi UN 2019, BSNP juga mengeluarkan POS UN tahun pelajara 2019/2020. Kebijakan UN 2019 tidak jauh berbeda dengan UN 2018. Penetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan. Silahkan downlaod melalui link https://drive.google.com/file/d/1BPkKxq3dUCwuGuqn7NVe1Hv0_IiwuGxR/view sebagai alternatifnya.

Tahun sebelumnya peran LPMP bertanggung jawab terhadap pelaksanaan UNKP secara keseluruhan untuk jenjang SMA/MA, SMK, SMP/MTs, Paket B dan Paket C. Revisi POS UN 2019 LPMP bertanggung jawab dalam pelaksanaan UNKP untuk jenjang SMA/MA dan SMK. Sedangkan untuk pelaksanaan UNKP pada jenjang SMP/MTs, Paket B dan Paket C diwewenangkan ke Dinas Pendidikan Provinsi.

Mekanisme pembiayaan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2019 di satuan pendidikan dianggarkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) baik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di Kementerian Agama.

Pelaksanaan UN bagi Peserta  Didik SLB dan Program Inklusi tetap dilaksanakan, namun tidak wajib (pilihan). Moda pelaksanaan UN dengan kertas (UNKP). UN bagi Peserta Didik di Daerah Terdampak Gempa Bumi Moda UN (berbasis komputer/kertas) dengan menyesuaikan dengan kondisi infrastruktur.

Kompleksitas perlakuan berbasi sindividu. Siswa yang berpindah kedaerah lain dan mengikuti proses pembelajaran di sekolah reguler (tidak terdampak gempa). Siswa yang menetap di daerah gempa dan mengikuti proses pembelajaran di kelas darurat dan kelas permanen.

Waktu pelaksanaan UN. Bagi siswa yang pindah ketempat lain dan mengikuti proses pembelajaran di sekolah yang tidak terdampak gempa, maka jadwal UN mengikuti jadwal yang ada di sekolah tersebut.

Sedangkan jadwal UN di daerah terkena gempa akan ditetapkan kemudian, setelah di adakan pertemuan khusus antara pihak Kemendikbud dengan Pemerintah Daerah.

Baca lebih lanjut mengenai informasi kebijakan UN dan USBN 2019 di https://un.kemdikbud.go.id/

Click to comment