-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Pendataan Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik tahun 2019 Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan sudah dibuka sebulan yang lalu. Kesempatan terbuka bagi Anda yang belum sertifikasi bisa mengajukan pendaftaran PPG Daljab secara daring.
Daftar Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik 2019 PPG DalJab
Pengajuan Peserta Seleksi Kemampuan Akademik 2019 tidak berlangsung lama dan berakhir tanggal 23 Oktober 2019. Jadi segera daftar jika prasyarat seleksi Anda sudah terpenuhi semuanya sebelum cut off pemutakhiran data pada Dapodik, sampai tanggal 14 Oktober 2019.

Berikut Prasyarat Seleksi Akademik 2019
  1. Guru Tetap PNS / Non PNS / Yayasan
  2. Diangkat sebagai Guru sampai dengan 31 Desember 2015
  3. Telah Memiliki NUPTK
  4. Memiliki Kualifikasi S1 / D4
  5. Berusia setinggi-tingginya 57 tahun per 31 Desember 2019
  6. Status belum Sertifikasi
Data prasayarat tersebut diambil secara otomatis dari data Dapodik, jika terdapat salah satu prasyarat yang belum terpenuhi silahkan lakukan update data dapodik. Masalahnya update data PTK di Dapodik tidak bisa dilakukan karena tabel fieldnya terkunci jadi solusinya silahkan kordinasi dengan admin Dinas setempat. Anda juga harus melakukan verval data GTK di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id

Verval GTK dilakukan terutama pada data NUPTK dan Kualifikasi S1 / D4 jika tidak terpenuhi yakni di menu verval dokumen arsip GTK.

Selain itu, untuk dapat mengikuti calon peserta Seleksi Kemampuan Akademik tahun 2019, sebelumnya Anda harus mempunyai akun SIM GPO https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id karena program tersebut hanya bisa diakses melalui akun SIM PKB.

Jika belum punya akun SimPKB silahkan daftar https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk dulu namun pastikan bahwa data Anda sudah masuk di Dapodik. Tentukan mapel PKP untuk pemetaan sertifikasi. Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik tahun 2019 Prog. PPG Dalam Jabatan hanya berlaku bagi PTK induk.

Mengatasi masalah data GTK di SIMPKB

Data GTK SIMPKB ditarik dari data GTK Dapodik, masalah yang banyak terjadi dilapangan adalah NUPTK dan kualifikasi S1/D4. Untuk mendapatkan NUPTK guru harus mengajukan NUPTK dilaman vervalptk.

Sedangkan masalah kualifikasi S1/D4 tidak terbaca di akun SIMPKB, Anda harus melakukan perbaikan data GTK di Dapodik. Jika sebelumnya sudah mengentri data kualifikasi S1/D4 silahkan hapus kemudian entri ulang seperti data semula, lakukan sinkronisasi tunggu 2x24 jam maka data kualifikasi S1/D4 di SIMPKB sudah terbaca.

Kendati demikian biasanya data agak sedikit lambat lebih dari 2x24 jam sehingga Anda harus menunggu 1 minggu paling lambat data kualifikasi S1/D4 bisa terbaca di SIMPKB.

Baca juga Alur PPG Dalm Jabatan 2020 dan Syarat Berkas Lengkap

Semoga berhasil dan terpilih menjadi Peserta Seleksi Kemampuan Akademik 2019 Program PPG DalJab.

Click to comment