Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Hanya mengingatkan kembali bagi operator sekolah yang sudah melakukan registrasi siswa baru ke rombel agar memperhatikan tanggal masuk sekolah pada ajaran yang berlaku. Ketika melakukan tambah PD manual atau tarik PD secara online dari data dikdasmen maka secara default tanggal masuk sekolah siswa mengikuti pada tahun yang kemarin.

Jika tidak dilakukan peubahan pada tanggal masuk sekolah maka biasanya pada laman verval PD akan terdeteksi data invalid seperti ini "siswa tingkat awal dengan jenis pendaftaran di registrasi peserta didik sebagai siswa baru akan tetapi Tanggal masuk sekolah tidak sesuai dengan kalender akademik periode aktif".

Meskipun tidak semua siswa baru terdeteksi data invalid pada tanggal masuknya di verval PD, sebaiknya disamakan tahun masuk sekolahnya dengan kalender periode aktif yakni tanggal 15 Juli 2019.

Sebelumnya jika siswa tidak memiliki NISN maka masuk pada data residu dan harus melakukan verval NISN, pada Dapodik 2020 siswa yang tidak di entrikan data NISN nya namun siswa memiliki referensi data NISN tercatat di arsip maka secara otomatis data NISN tersebut akan masuk ke Dapodik setelah melakukan sinkronisasi. Namun nantinya data ini masuk pada residu karena terdeteksi NISN ganda.

Sedangkan siswa yang tidak di entrikan data NISN nya dan juga tidak tercatat di arsip referensi data NISN maka akan masuk pada menu belum memiliki NISN. Silahkan lakukan pembetulan NISN sebelum tabelnya dikunci.

Jika Anda sudah mengalami masalah diatas silahkan perbaiki tahun masuk siswa baru pada menu registrasi.
Tanggal Registrasi Siswa Baru Agar Tidak Invalid Di Verval PD
Sebelum benar-benar data yang lain terdeteksi masuk dan invalid pada laman verval PD. Anda bisa melihat referensi di http://pd.data.kemdikbud.go.id cek kelengkapan data PDID, NISN, Nama, T. Lhr, Tgl Lhr, Ibu, JK, NIK di menu residu, jika terdapat silang merah silahkan perbaiki di Dapodik.

Click to comment