Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Kepsek/PLT belum dipilih biasanya muncul secara default stelah melakukan instalasi Dapodik, hal ini bisa dilakukan pembenahan dengan segera jika dalam sekolah tersebut tidak terjadi pergantian Kepala Sekolah. Cukup dengan menyalin data periodik guru yang bersangkutan dan mengaktifkan penugasan maka dalam beranda Dapodik sudah berubah muncul nama Kepala Sekolah.
Kepsek/PLT Belum Dipilih : Langkah Ganti KepSek Dapodik 2020
Namun akan sedikit berbeda langkahnya jika di sekolah terjadi pergantian kepala sekolah sehingga dalam aplikasi Dapodik pun harus diganti guru yang menjabat sebagai kepala sekolah lama dengan guru yang menjabat kepala sekolah baru.

Pergantian tugas jabatan kepala sekolah di Dapodik 2020 tidak bisa dilakukan oleh operator sekolah. meskipun sudah melakukan perubahan tugas tambahan pada data rinci GTK pada data menu rinci hal tersebut tidak bisa merubah tugas tambahan kepala sekolah lama. Sehingga di dasbor beranda dapodik tetap muncul Kepsek/PLT belum dipilih.

Muncul peringatan tersebut, penyebabnya karena operator tidak bisa melakukan edit data PTK pada tabel jenis PTK karena masih dikunci oleh pusat. Solusinya adalah membuat tugas tambahan PLT kepala sekolah.

Berikut Langkah Membuat PLT Kepala Sekolah di Dapodik 2020:

Pada guru lama yang menjabat kepala sekolah.
1. Klik ubah pada tabel guru
2. Pada data rinci pilih menu Tugas Tambahan
3. Isi TST Tugas Tambahan
4. Simpan

Pada guru baru yang menjabat kepala sekolah.
1. Klik ubah pada tabel guru
2. Pada data rinci pilih menu Tugas Tambahan
3. Klik tambah jabatan PTK (Pilih PLT Kepala Sekolah)
4. Isi Nomor SK dan TMT Tambahan
5. Simpan dan Refresh

Setelah proses diatas selesai maka dalam dasbor beranda sudah muncul nama PLT Kepala Sekolah. Langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi perubahan ke Dinas Propinsi dengan membawa berkas SK kepala sekolah lama dan berkas SK kepala sekolah baru. Jika di daerah Anda ada kantor cabang Dinas maka harus dilampirkan surat pengantar dari Cabdin tersebut.

Tujuannya adalah untuk mengubah jenis PTK sesuai dengan tugas tambahan yang terbaru. Setelah proses selesai langkah selanjutnya adalah lakukan sinkronisasi data. Maka secara otomatis data kepala sekolah masuk.

(jika di propinsi tidak melakukan perubahan pada data rinci tugas tambahan). bisa merubah tugas tambahan pada guru yang diangkat menjadi kepala sekolah di Dapodik.

Pada guru baru yang menjabat kepala sekolah.
1. Klik ubah pada tabel guru
2. Pada data rinci pilih menu Tugas Tambahan
3. Ubah (Pilih PLT Kepala Sekolah) menjadi (Kepala Sekolah)
4. Simpan dan Refresh

Merubah tugas tambahan kepala sekolah di dapodik 2020 diatas tersebut dilakukan pada sekolah SMA Swasta. Jika dilakukan pada sekolah Negeri mungkin prosesnya berbeda. Jika Anda punya cara lain terkait dengan pergantian kepala sekolah di dapodik di daerah Anda, silahkan berbagi di komentar.

11 komentar

avatar

Untuk SK Kepsek yang lama, TST nya harus diisikan kalau tidak dihapus.
Untuk tugas tambahan Kepsek baru pilih PLT untuk tanggal TST nya tdk usah diberi tanggal. Setelah itu lapor ke Dinas.

avatar

Kok saya malah akun gtk nya jdi.muncul ganda min? Akun yg sama..1 akun muncul tetap sbg guru mapel dan 1 akun lagu muncul sebagai kepsek

avatar

Apakah Anda sudah melakukan langkahnya dengan benar?. Catatan biasanya perubahan akun PLT Kepsek menjadi Kepsek menunggu paling cepat 1 semester. Kecuali pada sekolah yang masih baru terdaftar pada aplikasi Dapodik. Bisa langsung berubah menjadi Kepsek.

avatar

Kak...
Kepala sekolah saya yang baru kan guru dalam. Untuk mengubah menjadi kepala sekolahnya gimana ya ?? Saya sudah mengikuti langkahnya, namun tidak muncul juga di beranda dapodik.

avatar

Perlu verifikasi ke Dinas pak. Perubahan Kepsek menunggu satu semester paling cepat perubahannya. jadi statusnya masih PLT untuk guru yang diangkat menjadi kepsek. sedangkan untuk kepsek yang lama harus diisikan tanggal TST nya.

avatar

MAKASIH UNTUK SOLUSINYA MASTER

avatar

Kalau kepsek baru adalah guru dari luar sekolah gimana ya caranya?

avatar

Kepsek dari guru luar sekolah harus pindah induk terlebih dulu pak/bu..laporkan ke ops cabdin agar dipindah.

avatar

Kalau plt kepsek dari sekolah non induk bagaimana caranya pak?

avatar

aturannya sama pak/bu kepala sekolah harus dari guru induk. jika dipilih dari guru non induk maka harus pindah induk terlebih dulu, bisa melalui cabdin atau langsung ke dinas provinsi

Click to comment