Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Terkadang Anda tidak melihat ada perubahan pada info GTK, jadwal mengajar maupun verval PD setelah melakukan sinkronisasi data dapodik 2x24 jam. Berarti ini indikasinya progres sinkronisasi pengiriman data dapodik tidak 100 persen terupload ke server pusat atau ttidak ada perubahan data yang dikirim.

Data yang sering kali ada perubahan pada setiap semester adalah data GTK, Jadwal mengajar serta data peserta didik. karena laman info GTK belum bisa digunakan untuk pengecekan progres sinkron data Dapodik Berhasil 100% maka ada beberapa alternatif untuk melihat progres pengiriman data tersebut.
Cara Cek Progres Sinkron Data Dapodik Berhasil 100%✔
Proses sinkronisasi data dapodik membutuhkan kestabilan konektifitas jaringan internet. Anda bisa melihat sendiri jika jaringan internet lambat maka proses sinkronisasi bisa gagal di tengah jalan. Mesin dapodik akan mendeteksi jaringan disconected. Jika terjadi kegagalan sinkron, Anda tidak perlu lagi untuk melakukan validasi data, cukup dengan melakukan update versi sinkronisasi.

Jadi sebelum melakukan update sinkronisasi data, pastikan jaringan koneksi internet lancar karena proses sinkronisasi hanya memiliki batas maksimal lima kali dalam sehari.

Apakah fungsi menu update versi sinkronisasi?

Tombol tersebut fungsinya untuk memperbarui perubahan aplikasi syncronisasi yang ada di aplikasi lokal dengan di server.

Bagaimana parameter sinkronisasi yang berhasil?

Pada tabel perubahan apa saja yang sebelumnya berisi pemberitahuan data yang sudah ditambah, update, hapus akan tertera di situ. Jika parameter sinkronisasi berhasil maka tabel perubahan tersebut hilang.

Apa parameter atau ciri-ciri data telah berhasil terkirim semua ke server?

Bisa dilihat dari tabel perubahan, datanya menjadi kosong. Kemudian cek laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, data hasil sinkronisasi telah muncul berikut tanggal sinkronisasi terakhir biasanya akan berubah 1x24 jam.

Di mana kita dapat mengecek hasil pengiriman sinkronisasi Aplikasi Dapodik?

Pengecekan data individu sekolah bisa dilakukan di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pilih menu “Progres Pengiriman” (jenjang sekolah). Pilih "provinsi" lalu "kabupaten serta kecamatan tempat sekolah berada". Pilih "Nama sekolah" lalu "Masukkan kode registrasi" jika hendak melihat data individu sekolah hasil pengiriman dari Aplikasi Dapodik.

Selain diatas Anda juga bisa mengecek progres data sinkron pada laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Di laman ini Ada bisa melihat beban jumlah jam pembelajaran pada GTK yang mengalami perubahan

Click to comment