-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Bagi guru Pendidikan Agama Islam Sekolah (PAIS) yang bernaung di lingkungan Kemdikbud, namun untuk pengolaan data GTK sertifikasinya di lingkungan Kemenag maka mengikuti aplikasi Simpatika.
Proses Yang Benar Mengaktifkan Guru PAIS di Simpatika 2019
Meskipun sama pengelolaan data GTK nya di Simpatika namun antara Guru Agama dengan Guru Pendidikan Agama Islam sedikit berbeda cara proses aktivasinya.

Agar guru PAIS terdaftar aktif di SIAP tahun 2018 / 2019 - Semester 2, harus menyelasaikan beberapa tahapan dibawah ini agar Anda :
  1. Aktifkan Portofolio Anda
  2. Cetak Kartu Digital
Mengaktifkan Portofolio yakni dengan mengisi jadwal mengajar guru agama adalah proses awal yang harus dilalui terlebih dulu. Jika proses ini belum anda lakukan maka Anda belum bisa mencetak kartu keaktifan digital Anda.

Seperti yang saya singgung diatas, ada perbedaan antara guru agama dengan guru pendidikan agama islam dalam hal mengisi jadwal pelajaran yang terkait dengan portofolio.

Untuk guru agama jadwal pelajaran secara otomatis akan di isikan oleh operator Simpatika melalui akun sekolah. Sedangkan untuk guru pendidikan agama islam harus mengisi jadwal guru agama secara mandiri melalui akun Simpatikanya.

Bagimana mengaktifkan portofolio untuk guru pendidikan agama islam?

Berikut langkahnya:
1. Silahkan login ke akun Simpatika Anda.
2. Pada Jadwal Mengajar di Sekolah Kemendikbud.
mengaktifkan portofolio untuk guru pendidikan agama islam
  1. Tekan pada menu "jadwal mengajar guru Agama"
  2. Pilih semester berjalan (Semester 2 2018/2019). Menu semester ini akan tampil jika sudah diaktifkan oleh operator Simpatika Sekolah Anda.
  3. Tekan tanda "PLUS" untuk memulai mengisi JJM per kelas (Maksimal JJM Guru PAI adalah 5 Jam)
3. Setelah portofolio Anda selesai dibuat silahkan kembali ke menu "Keaktifan". Sebelum mencetak kartu digital, silahkan lihat dulu info jadwal mengajar Anda untuk memastikan kevalidan data. Jika masih terjadi kesalahan silahkan edit kembali.

4. Cetak kartu digital. Kartu Digital sebagai tanda bukti keaktifan Anda di semester aktif saat ini.

Jika proses diatas Anda lalui dengan benar selanjutnya Anda bisa melakukan verval data GTK ke admin Kemenag.

Click to comment