Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Dapodik Paud 2019 Merubah Cara Sinkronisasi Online/offline
Aplikasi Dapodik Paud Offline masih dalam persiapan rilis. Meskipun demikian, pengisian data Dapodik PAUD dan Dikmas masih bisa dikerjakan. Saat ini, penginputan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi/metode Dapodik Online (http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik).

Untuk dapat menggunakan aplikasi Dapodik Paud Online, satuan pendidikan Paud harus mengubah dulu metode sinkronisasinya melalui aplikasi Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas (http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id).

Bagi satuan pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan, sampai saat ini data peserta didik yang diinput pada semester Genap tahun 2018/2019 tidak ditarik ke aplikasi PDUN.

Perubahan data peserta didik hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Verval PD di laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id, oleh karena itu dimohon bagi satuan pendidikan yang belum memiliki akun SDM Kemendikbud agar mendaftar melalui halaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Langkah merubah metode Sinkronisai Dapodik Paud

  1. Buka laman http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan pilihan satuan pendidikan
  3. Username dan Password sama seperti Login di Aplikasi Dapodik PAUD DIKMAS Online maupun Offline.
  4. Pada dasbor Manajemen Dapodik sekolah, pilih tombol Dapodik Offline/Sync Online atau sebaliknya.
  5. Masuk pada dasbor Ubah Metode Sinkronisasi, silahkan pilih metode sinkronisasi yang akan digunakan (Metode Offline ke Online).
Jika sudah tersimpan, kembali pada menu Dashboard, disana mestinya sudah terlihat metode sinkronisasi Dapodik Online.

Sekarang Anda sudah bisa melakukan pengisian atau update data di Dapodik Paud-Dikmas Online Semester Genap 2018/2019.

6 komentar

avatar

Dh,
saya mau tanya kalau kita sudah merubah metode sinkronisasinya dari offile ke online, apakah bisa di rubah lagi ke offilne cara pengisian dapodiknya

avatar

Cara merubah lagi ke seperti biasa bagaimana min?
apa tidak perlu dirubah lagi?

avatar

perlu dirubah jika mau menggunakan installer dapodik paud offline
Silahkan isikan Login Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas > klik pada tombol Dapodik Online > silahkan rubah Dapodik Online ke Dapodik OFF/Sinc Online.

avatar

bagaimana solusi kalau sesudah login pada manajemen PAUD tetapi pada menu satuan pendidikan muncul "An error occurred while processing your request" sehingga tidak bisa merubah metode sinkronisai.

avatar

Permasalahan seperti ini bisa disebabkan:
- Jaringan yang kurang bagus
- Manajemen paud banyak yang akses, sehingga muncul pemberitahuan seperti itu, solusinya silahkan rekan coba lagi diwaktu malam hari

Click to comment