-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Sebenarnya pada panduan dapodik 2018b sudah ditulis bagaimana cara mutasi peserta didik yaitu pada Penambahan fitur konfirmasi dan cetak surat mutasi peserta didik. Pembaruan ini adalah salah satu penyempurnaan perihal mutasi peserta didik. Pada aplikasi versi 2018.b ini, peserta didik yang mutasi akan otomatis dibuatkan surat mutasi berdasarkan isian Dapodikdasmen di sekolah asal.

Langkah-langkah untuk melakukan cetak surat mutasi peserta didik adalah sebagai berikut:

1. Pilih peserta didik yang akan dimutasi, klik tombol registrasi dan isi registrasi keluar peserta didik tersebut.
Pengisian registrasi keluar/mutasi
2. Setelah mengisi registrasi keluar, segera lakukan sinkronisasi agar data lokal di sekolah sama dengan data di server pusat.
3. Selanjutnya pada menu PD Keluar, pilih peserta didik tersebut lalu klik tombol cetak surat mutasi.
Tabel PD Keluar
4. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Status pertama adalah “Belum Melakukan Konfirmasi Cetak”. Untuk melakukan konfirmasi, klik tombol “Konfirmasi Cetak”.
Belum Melakukan Konfirmasi Cetak
5. Pilih Ya untuk melanjutkan. Pilih dengan hati-hati karena jika konfirmasi cetak selesai dilakukan, maka peserta didik tersebut tidak bisa dikembalikan menjadi peserta didik aktif di sekolah tersebut.
Konfirmasi Cetak Surat Mutasi
6. Selanjutnya, jika sudah berhasil melakukan konfirmasi maka pengguna dapat melakukan cetak surat mutasi dengan cara klik tombol “Cetak Dokumen”.
Cetak dokumen
7. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Atur sesuai dengan kebutuhan lalu klik print.
Jendela cetak surat mutasi
Selesai. Nah begitulah Cara Mutasi Peserta Didik dan Cetak Surat Mutasi di Dapodik Dengan Benar sesuai dengan panduannya.

Click to comment