-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Dunia teknologi kian hari semakin berkembang dengan pesat sehingga dunia pendidikan mau tidak mau harus selalu mengikuti perkembangan era digital tersebut. Internet merupakan salah satu sarana akses tercepat yang harus dimanfaatkan oleh setiap orang terutama bagi seorang guru dan siswa. Dengan adanya internet ini seorang guru dan siswa bisa berbagi file-file pekerjaannya dengan mudah melalui dunia online. Oleh karenanya, guru sebagai salah satu pelaku di dalam dunia pendidikan sudah semestinya harus melek IT.

Membuat blog memang bukan pilihan utama bagi seorang guru akan tetapi blog bisa digunakan sebagai alternatif untuk wadah informasi dan sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan untuk sarana pembelajaran.

Seperti misalnya seorang guru ingin membagikan nilai ulangan harian kepada siswanya yang bisa diakses kapan saja tanpa harus terbatas ruang dan waktu, atau bahkan meminta tugas-tugas online dari siswanya, tentu saja hal ini membutuhkan wadah untuk menyimpan file-file tersebut.

Google Drive adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menyimpan file-file tersebut karena selain gratis Google Drive memiliki kapasitas ruang yang sangat besar hingga 15 GB.

Untuk dapat menampilkan file file dari Google Drive maka kita membutuhkan wadah sebuah blog sehingga file tersebut bisa diakses dengan mudah.

Berikut langkah membuat dan menampilkan file nilai dari Google Drive ke dalam Blog pribadi :

Pertama : kita sinkronkan dulu PC atau laptop kita dengan aplikasi Google Drive yang bisa diakses secara online maupun offline. Jika kita belum menginstal aplikasi Google Drive Maka silakan diinstal terlebih dahulu.

Kedua : kita membutuhkan format penilaian dalam bentuk Excel. Oleh karena itu kita harus menyiapkan format penilaian tersebut kemudian kita upload ke dalam Google Drive.

Ketiga : otoritas file harus dibuat publik dengan cara mengaktifkan Link bagika secara publik. Namun dengan pengaturan hanya bisa dilihat saja sehingga ketika ada orang yang mengakses tidak bisa masuk dan mengedit. Berikut screenshot gambarnya :
Keempat : kita ambil kode embed sematan file tersebut kemudian kita tempel pada posting di blog. Klik paada menu "File" pilih "Publikasikan di web"
Setelah itu akan muncul pilhan pengaturan publikasikan di web
pilih "sematkan" konten yang dipublikasikan bisa dipilih berdasarkan kategori.. Karena kita akan menampilkan di blog maka copy paste kode iframe.

Kelima : buka blog ⇒ buat page lama posting ⇒ beri judul Nilai kelas ..... kemudian publish
contoh :

Update nilai bisa dilakukan secara offline dan online. Jika dilakukan secara offline maka kita cukup membuka file yang terhubung ke google drive melalui  PC/Laptop kemudian harus melakukan syncron ke google drive. Jika dilakukan secara online maka harus membuka akun google drive. Secara otomatis nilai akan berubah dengan seniri tanpa harus mengedit kode yang pernah kita sematkan pada blog.

Click to comment