-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Takola e-Sarpras PSMA: E-Proposal Bantuan Sarana dan Prasarana Sekolah
author photo
By On
Aplikasi Takola e-Sarpras PSMA merupakan program bantuan untuk sarana dan prasarana sekolah yang di kembangkan oleh Subdit Sarana Prasarana Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara online berbasis website Takola e-Sarpras. PSMA juga digunakan untuk membantu memonitor/mengawasi dan melakukan koordinasi serta pelaporan sarana prasarana sekolah, khususnya tingkat SMA. Aplikasi ini bisa diakses melalui internet oleh semua sekolah yang sudah terdaftar yang telah diberi kode token.
Takola e-Sarpras PSMA: E-Proposal Bantuan Sarana dan Prasarana Sekolah

Bagaimana Cara pendaftaran Takola e-Sarpras PSMA?

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa untuk pendaftaran Takola e-Sarpras PSMA sekolah harus mempunyai kode token. Pada tahap 1 Kode token akan dibagikan ke setiap sekolah penerima bantuan melalui email, dan pada saat pertemuan bimbingan teknis. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi: Call Center : 087770107000 (WA) - 082365107000 - takola.psma@kemdikbud.go.id.

Bantua apa saja yang bisa didapat oleh sekolah?

Ada 14 jenis program bantuan yang bisa diajukan oleh sekolah melalui E-porposal tahun anggaran 2018:
  1. Unit Sekolah Baru (USB). (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB). Dinas Pendidikan Propinsi yang dapat pengajukan program USB) dengan nilai paket sebesar 3,266,490,000 dan jumlah paket 16.  Download panduan.
  2. USB Berasrama Papua dan Papua Barat. (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) Berasrama. Dinas Pendidikan Propinsi Papua dan Papua Barat yang dapat pengajukan program USB Berasrama) dengan nilai paket 3,286,490,000 dan jumlah paket 2.
  3. Ruang Kelas Baru (RKB). (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Ruang Kelas Baru tidak bertingkat. SMA yang kekurangan Ruang Kelas atau sekolah yang sedang berkembang) dengan nilai paket sebesar250,000,000 dan jumlah paket 1594  Download panduan.
  4. RKB Papua dan Papua Barat (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Ruang Kelas Baru tidak bertingkat untuk wilayah Papua dan Papua Barat. SMA yang kekurangan Ruang Kelas atau sekolah yang sedang berkembang) dengan nilai paket sebesar 300,000,000 dan jumlah paket 20  Download panduan.
  5. RKB Daerah 3T dan Perbatasan (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Ruang Kelas Baru tidak bertingkat untuk Daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dan Perbatasan. SMA yang kekurangan Ruang Kelas atau sekolah yang sedang berkembang). dengan nilai paket sebesar 291,835,000 dan jumlah paket 10  Download panduan.
  6. Rehabilitasi_2018 (Program Bantuan Pemerintah Rehabilitasi Ruang Belajar, Proposal dilengkapi analisis tingkat kerusakan. Analisis Kerusakan dibuat oleh tim teknis bangunan. Form Analisis dapat di download). dengan nilai paket sebesar 49,795,000 dan jumlah paket 2470  Download panduan. File Lampiran Instrumen Rehab format excel 
  7. Rehabilitasi Papua dan Papua Barat (Program Bantuan Pemerintah Rehabilitasi Ruang Belajar untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Proposal dilengkapi analisis tingkat kerusakan. Analisis Kerusakan dibuat oleh tim teknis bangunan. Form Analisis dapat di download). dengan nilai paket sebesar 60,000,000 dan jumlah 20  Download panduan.
  8. Rehabilitasi Daerah 3T dan Perbatasan (Program Bantuan Pemerintah Rehabilitasi Ruang Belajar untuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dan Perbatasan. Proposal dilengkapi analisis tingkat kerusakan. Analisis Kerusakan dibuat oleh tim teknis bangunan. Form Analisis dapat di download). dengan nilai paket sebesar 73,852,000 dan jumlah paket 10.
  9. Renovasi (Program Bantuan Pemerintah Renovasi SMA. Bangunan yang dapat diajukan merupakan bangunan tampak perwajahan depan. Proposal dilengkapi dengan desain perencanaan dan gambar 3D). dengan nilai paket sebesar 506,000,000 dan jumlah paket 100.
  10. Ruang Perpustakaan/Pusat Sumber Belajar (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Ruang Perpustakaan / Pusat Sumber Belajar. Dapat diajukan sekolah yang belum memiliki ruangan perpustakaan/PSB atau perpustakaan yang ada tidak sesuai standar). dengan nilai paket sebesar 256,140,600 dan jumlah paket 750  Download panduan.
  11. Ruang Laboratorium 2018 (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Ruang Laboratorium/Praktik Siswa. Sekolah yang belum memiliki Lab Komputer dapat mengajukan Program ini). dengan nilai paket sebesar 276,739,356 dan jumlah paket 646  Download panduan.
  12. Ruang Lab/Praktik Siswa Daerah 3T dan Perbatasan (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Ruang Laboratorium/Praktik Siswa untuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dan Perbatasan . Sekolah yang belum memiliki Lab Komputer dapat mengajukan Program ini). dengan nilai paket sebesar300,000,000 dan jumlah paket 10  Download panduan.
  13. Ruang Penunjang Lainnya (Program Bantuan Pemerintah Pembangunan Ruang Penunjang Lainnya. Program ini untuk pembanguan seperti: Kantin, Taman, Toilet, Pagar dan sebagainya) dengan nilai paket sebesar 100,986,403 dan jumlah paket 221.
  14. Peralatan TIK Pembelajaran Program Bantuan Pemerintah Peralatan TIK pembelajaran. Peralatan untuk pembelajaran dan mendukung pelaksanaan UNBK. Sekolah merupakan pelaksana UNBK dan kekurangan Komputer. dengan nilai paket sebesar 228,786,000 dan jumlah paket 2152 panduan, format template xlx  Download
Sebelum mengajukan E-proposal bantuan sarana dan prasarana secara teknis sekolah harus melengkapi data-data sekolah yang meliputu: 1. profil sekolah, 2. data dapodik, 3. data kesiswaan, 4. data kepegawaian. serta data eksisting yang berupa: lahan, sarana, prasarana, rekap sarana dengan lengkap. Tujuan melengkapi data-data tersebut adalah agar lolos dalam penilaian asesor.

Pengajuan bantuan sarpras sekolah sekarang sudah terintegrasi dengan sim ppsma di masing-masing provinsi. Jadi untuk pengusulan bantuan sarpras sekolah melalui aplikasi tersebut.

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat