Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Cara Menambah Font Arabic di Windows Tanpa Install
Ketika Anda membuat sebuah artikel yang mengharuskan untuk menyisipkan font arab (ayat Al Qur'an) sebagai pijakan dasar hukum misalnya, kemudian setelah Anda sisipkan atau copy paste font arab tersebut ternyata berubah menjadi tidak karuan atau berbalik struktur kalimatnya maka itu dikarenakan pada windows Anda belum menambahkan seting pengaturan bahasa arab pada keyboardnya.

Sebenarnya jika pada laptop atau pc Anda sudah menggunakan windows 7, 8, 10 lebih mudah menambah font bahasa arab jika dibandingkan dengan windows xp. Di windows xp ketika Anda melakukan pengaturan di Regional and Language Setting dibutuhkan CD Installer Windows xp, maka di windows 7, 8, 10 tidak lagi diperlukan CD Installer Windows 7, 8, 10, itu karena secara default font arab dan layout keyboard arab pada windows 7, 8, 10 sudah ikut terinstall, tetapi belum aktif, maka untuk itu Anda hanya perlu mengaktifkannya supaya dapat berfungsi saat mengetik menggunakan software text editor  seperti Microsoft word.

Berikut langkah menambahkan font arabic di windows 7

Klik icon home windows pada bagian kiri bawah, pilih conrol panel kemudian klik, setelah itu ikuti langkah selanjutnya dengan melihat gambar dan penjelasan dibawah ini;


Jika langkah menambah font arabic di atas Anda ikuti dengan benar maka saya pastikan ketika Anda menambah font arab pada MS word akan terbaca dengan baik.

Selanjutnya bagaimana cara menambahkan font arabic pada windows 8, 10 dan versi ke atas?. sebenarnya prosesnya hampir sama seperti diatas cuma yang membedakan hanyalah tampilannya saja.

Berikut langkah mudah menambahkan font arabic di windows 8 dan windows 10


  1. Silahkan Anda buka “Control Panel” Cari Menu Clock, language and Region dan pilih “add language”
  2. Selanjutnya pilih “Add a language“
  3. Siahkan pilih bahasa Arabic mana yang Anda inginkan. Disana terdapat banyak jenis bentuk font Arabic, seperti Arabic (Algeria), Arabic Bahrain dan lain-lain. 
  4. Untuk hal ini saya memilih “Arabic (saudi arabia)“
  5. Done

Alternatif menambah font arabic dengan aplikasi qur'an word kompatibel semua versi windows dan MS word.

Sebagai alternatif agar tidak selalu copy paste saat membutuhkan font arab khususnya ketika menyisipkan ayat alqur'an Anda juga langsung menginstall aplikasi qur'an word. Dengan menggunakan aplikasi Al-Qur'an in word merupakan plugin untuk menampilkan Qur-an pada Ms Office Word pada versi 2003, 2007, 2010 dan 2013. Dengan bantuan plugin ini Anda tidak perlu susah payah menulis huruf al quran, karena dengan beberapa klik surat atau ayat-ayat Al Quran beserta terjemahannya dalam berbagai bahasa (termasuk bahasa Indonesia) langsung muncul sesuai keinginan.

Add-ins Al-Qur'an in word memungkinkan Anda untuk memasukkan ayat-ayat suci Al-Qur'an beserta terjemahannya didalam Ms. word. Plug-in ini bekerja di Office version 2000, 2003, 2007, 2010, dan 2013.

Untuk link aslinya Anda bisa mengikuti tautan berikut http://taufiqproduct.com/download/.
Office 2010,2013 & Office 2016 version 32 bit
Download Version 32 bit or Alternate Download 32 bit or Google Drive
Office 2010,2013 & Office 2016 version 64 bit
Download Version 64 or Alternate Download 64 bit or Google Drive
Office 2007
Download or Alternate or Google Drive 
Semoga membantu.

1 komentar:

avatar

Thank you bermanfaat bgt...sukak

Click to comment