Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
TPP Belum Cair Karena Belum Kunci dan Cetak SPTJM DHGTK
Absensi online guru yang telah di rilis oleh kemdikbud dengan nama Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) akan resmi digunakan untuk menghitung kehadiran guru dan akan dituangkan dalam juknis tunjangan profesi sehingga tidak ada alasan memperlambat penyaluran tunjangan profesi dengan meminta dokumen/berkas dalam bentuk apapun kepada guru-guru.

Menyikapi hal tersebut diatas maka sudah barang tentu DHGTK menjadi syarat untuk realisasi pencairan dana tunjangan guru TPG/TPP. Masalahnya yang terjadi dilapangan banyak dari guru sertifikasi yang mengaku belum menerima pencairan dana tunjangan tersebut pada triwulan 4. Ada kemungkinan bahwa TPP yang belum terbayarkan merupakan dampak dari belum terisinya daftar hadir guru pada triwulan yang sudah berjalan.

Silahkan cek Info GTK : Cara Cek Transfer Pembayaran TPP/TPG apakah proses transfer dana tunjangan Anda ke rekening sudah menunjukkan status SPP atau SP2D.

Oleh karenanya yang perlu diperhatikan bagi guru adalah selalu melihat perkembangan info data yang ada di aplikasi simpkb-nya. Sedangkan para operator khususnya yang masih pemula adalah memperhatikan penginputan jadwal di aplikasi Dapodik dengan benar, baik bagi sekolah yang menggunakan 5 hari kerja maupun sekolah yang menggunakan 6 hari kerja sehingga nantinya pada dasbor web DHGTK hanya menyesuaikan sedikit pada kalender sekolah.

Pengimputan data pada aplikasi DAPODIK harus benar-benar fix karena dapat berpengaruh pada DHGTK, SIMPKB, SIMBAR untuk pencairan TPG/TPP. Silahkan cek disini infonya.

Jika data sudah fix maka selanjutnya cara mengunci dan cetak SPTJM DHGTK agar tunjangan segera dapat direalisasikan kepada guru yang berhak menerimanya. Bagaimana caranya?

Mencetak SPTJM Daftar Hadir G.T.K hanya dapat di lakukan oleh kepala sekolah. Jika kepala sekolah tidak bisa maka bisa di kuasakan kepada admin operator sekolah. Admin operator sekolah bisa login dengan menggunakan akun kepala sekolah. Oleh karena itu, kepala sekolah sudah dibuatkan user name dan passwordnya melalui aplikasi Dapodik.

Langkah Kunci dan Cetak SPTJM DHGTK

⇒ Silahkan kunjungi laman DHGTK login dengan user name dan password kepala sekolah. NPSN:0000000, Username:xxx@gmail.com, password:****
⇒ pada dasbor DHGTK silahkan klik kehadiran. Pastikan bahwa absensi guru sudah tercentang semua
⇒ klik kunci dan buat SPTJM
⇒ pilih semester, pilih bulan (Mengunci Kehadiran bisa dilakukan perbulan atau pertriwulan)
⇒ ceklis setuju dan ceklis kunci daftar hadir
⇒ klik kunci daftar hadir
⇒ lakukan refresh dan cetak pdf.

Ingat setelah Anda mengunci daftar hadir maka tidak bisa diubah atau di edit lagi kecuali berkoordinasi dengan operator dinas.

Click to comment