Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Ternyata Merubah Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Sukses 1000 Kali Lipat
Saya teringat sebuah pepatah dari Imam Syafi'i " Jika masa muda nya terbiasa melakukan sesuatu (baik ataupun buruk) maka masa tuanya akan terbiasa dengan sesuatu itu, Jika masa tua nya terbiasa melakukan sesuatu (baik atupun buruk) maka ketika meninggal pun tidak luput dari sesuatu itu".

Di sadari atau pun tidak bahwa seseorang hidup itu mengikuti pola kebiasaan, dari bangun hingga menjelang tidur apapun yang di kerjakan seseorang tiak ada perencanaan yang pasti hanya 20 persen manusia hidup dengan kesadaran akal pikirannya.

Namun tahukah Anda, bahwa ternyata kebiasaan-kebiasaan yang dijalani bisa saja memiliki pengaruh terhadap perkembangan pola hidup menuju kesuksesan yang dijalankan. Menurut Aristoteles, apa yang kita kerjakan terus menerus secara berulang adalah diri kita sebenarnya. Situasi dan kondisi yang dihadapi saat ini bisa saja merupakan hasil yang dilakukan setiap harinya.

Memang tidak semua kebiasaan adalah hal yang baik, bisa saja buruk dan malah merugikan kita. Namun tidak ada salahnya jika Anda mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru yang baik untuk perkembangan pekerjaan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengembangkan kebiasaan baik agar sukses dalam hidup :

Cobalah untuk memutuskan kebiasaan baru yang akan dibentuk.

Segala sesuatu yang dijalankan tidak akan tercapai bila tidak memiliki sebuah tujuan. Sehingga Anda bisa memulai dari memutuskan suatu tindakan yang akan diambil dari hal yang sederhana.

Meskipun tindakan-tindakan tersebut terlihat sepele, namun bisa bermanfaat banyak untuk Anda ke depannya. Misalnya saja dari bangun pagi lebih awal, olahraga setiap paginya, dan masih banyak lainnya. Bila Anda membangun kebiasaan-kebiasaan sederhana ini terus menerus, maka akan sangat bermanfaat kedepannya.

Anda bisa memilih aktivitas yang sudah dilakukan untuk memicu tindakan baru.

Bila sulit untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan lama terutama yang buruk, maka Anda bisa menggunakan metode ini untuk mengubah hidup. Cobalah untuk melampirkan tindakan yang baru untuk kebiasaan yang ada sebelumnya menjadi lebih mudah. Misalnya saja bila ingin menghentikan kebiasaan membaca medsos di pagi hari, maka Anda bisa menggunakan tindakan seperti jalan santai di pagi hari ketika bangun tidur untuk memicu kegiatan baru lainnya yang ingin dilakukan seperti bekerja.

Anda juga dapat membuat catatan kecil sebagai pengingat agar kebiasaan tersebut tidak menjadi kebiasaan.

Berikan apresiasi untuk diri sendiri seperti hadiah kecil.

Banyak kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat berkembang dikarenakan adanya hadiah atau iming-iming terhadap sesuatu yang dinginkan. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menghindari diri dari kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Belikan hadiah untuk diri sendiri sebagai penghargaan atas apa yang sudah dilakukan. Semakin Anda dihargai, maka akan semakin besar kemungkinan bila kebiasaan tersebut bisa diperkuat.

Selalu bersabar dan memaafkan diri sendiri.

Hal lainnya yang bisa dicoba untuk mengembangkan kebiasaan baru adalah mencoba bersabar dan memaafkan diri sendiri. Meskipun hal ini terasa sulit dan membutuhkan perjuangan di awalnya, namun bila mencoba dengan sungguh-sungguh dapat mendatangkan manfaat ke depannya.

Terkadang beberapa rutinitas harian membuat kita berpikir bila hidup ini mudah sehingga Anda tidak memikirkan tentang apapun. Namun bila kebiasaan seperti ini terus dicoba, maka Anda bisa kesulitan dalam mengingat tujuan hidup Anda dan keluar dari rutinitas tersebut. Sehingga ketika lupa, cobalah untuk bersabar. Dan ketika melakukan sesuatu hal yang salah cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan kembali kepada tujuan yang baru.

Selalu ciptakan tujuan baru untuk mendukung Anda.

Terkadang beberapa kebiasaan baru malah membuat Anda melawan diri sendiri. Misalnya saja ketika Anda berpikiran bahwa jika menunda membuka medsos, maka bisa kehilangan berita penting. Sehingga untuk memastikan bila kebiasaan baru tersebut bergerak maju sesuai dengan tujuan, maka Anda bisa mencoba untuk mengevaluasi efektifitas kegiatan tersebut. Anda bisa mempertimbangkan hasil yang ada baik itu dalam bentuk yang positif maupun negatif.

Dengan begitu, Anda bisa menilai apakah kebiasaan tersebut dapat mendukung Anda ke depannya.

Timbanglah kebiasaan-kebiasaan sebelum melakukan.

Banyak hal-hal baik yang dapat menjadi kebiasaan baru yang dapat bermanfaat untuk kesuksesan Anda baik dalam hidup maupun pekerjaan. Namun tentunya Anda harus memperhatikan nilai baik dan buruk kebiasaan tersebut serta manfaat untuk ke depannya. Jangan sampai kebiasaan tersebut malah bertentangan dengan tujuan sebelumnya.

Kalau Anda mampu merubah pola kebiasaan lama yang buruk menjadi sesuatu yang baru dan terbiasa melakukan kebiasaan yang baik maka saya menjamin hidup Anda akan lebih berarti seribu kali lipat.

Click to comment