Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
(Doodling) Corat Coret Kertas, Kembangkan. Ternyata Ini Manfaatnya!
Anda mungkin pernah merasa bosan kemudian Anda mengambil secarik kertas tanpa sebuah perintah jemari Anda sudah meliuk-liuk diatas kertas dengan beragam goresan yang membentuk sebuah gambar walaupun tampaknya hasil gambar itu tidak begitu sempurna.

Doodling istilah mencorat-coret di atas kertas berupa gambar sederhana secara spontan, Yang terkadang terlihat abstrak seperti sebuah coretan anak kecil, ternyata memiliki makna tersendiri di dalamnya, ini bisa mewakili perasaan Anda atau bahkan mungkin belum terlintas dalam pikiran Anda apa yang sudah Anda coba goreskan pada lembar kertas tersebut. .

Doodling tidak hanya dilakukan oleh anak kecil saja?, Hal yang demikian itu terkadang juga banyak dilakukan oleh orang dewasa. Bahkan ketika mereka sedang mencorat coret di atas kertas atau dikenal dengan sebutan doodling ini, biasanya bisa menggambarkan perasaan yang ada pada si pembuatnya. Yang mana hal tersebut bisa dilihat dari beberapa goresan yang telah dihasilkan.

Kabar baiknya perlu Anda ketahui, Bahwa aksi corat coret ini sungguh luar biasa, namun juga tak terduga. Yakni di balik beberapa coretan diatas kertas tersebut, Ada beberapa manfaat yang sangat luar biasa tersembunyi  bagi si pembuat tulisan. Hal tersebut bisa berguna untuk membantu mengatasi masalah tertentu, yang mungkin sulit untuk menanganinya. Dan berikut ini beberapa manfaat yang luar biasa dari aksi corat coret kertas yang perlu Anda tahu.

Terapi Stres

Penting Anda tahu, pada Art Therapy, Oleh Mutia Ribow, SDs, MA, Beliau mengatakan bahwa doodling bisa menjadi salah satu cara pada Art Therapy dewasa, Yang berfungsi untuk mengetahui masalah dalam diri sendiri. Yang mana salah satunya adalah saat diri seseorang sedang mengalami stres.

Selain itu, Doodling juga akan membantu kinerja Anda menjadi lebih baik. Sehingga hal demikian bisa disimpulakan bahwa doodling bisa membuat Anda rileks, dan dapat dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi stres yang dialami seseorang.

Fokus dan lebih produktif

Dengan cara Anda melakukan doodling ini, Anda sudah mengoptimalkan 85 persen otak bawah sadar Anda. Ternyata bisa membuat diri lebih fokus, Yang mana akan menjadikan Anda bisa lebih produktif. Karena dari melakukan doodling, Pastinya dibutuhkan konsentrasi yang cukup.

Dan menurut seorang profesor filsafat yang ada di University New York Graduate Center, yakni bernama Jesse Prinz, Beliau mempelajari tentang doodling dalam konteks seni. Dan beliau mendapat hasil yang cukup mengejutkan, Bahwa di dalam doodling dibutuhkan konsentrasi yang baik. Sehingga bisa membuat diri seseorang lebih fokus dan jauh lebih produktif.

Meningkatkan kecerdasaan otak

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa, Seseorang yang mendengarkan sebuah telepon sambil mencorat coret secara spontan (doodling), Mampu mengingat informasi sebanyak 29 persen lebih baik dibandingkan seseorang yang hanya mencatat seperti biasanya.

Dan kemudian menurut Jackie Andrade, yakni seorang profesor psikologi Plymouth University di Inggris, Telah memperkirakan bahwa ketika ada seseorang yang mencorat coret sambil mendengarkan orang berbicara, Maka hal demikian dapat meningkatkan kecerdasaan otak pada seseorang tersebut. Oleh karena itu, Kegiatan corat coret di kertas bisa Anda terapkan dalam membantu tingkat konsentrasi Anda menjadi lebih baik.

Mengurangi pikiran negatif

Kata tuan Jasse Prinz bahwa “Jika Anda menghabiskan setengah jam saja melakukan doodling, Anda akan memiliki ide segar,”. Dari keterangan tersebut bisa disimpulkan, Bahwa dengan cara Anda melakukan kegiatan seni seperti doodling ini, Maka pikiran negatif yang menyebabkan Anda kurang yakin pada diri Anda, Tentunya bisa dikalahkan dengan ide-ide menarik yang tumbuh dalam diri Anda saat doodling.

Selain itu, Doodling juga suatu hal yang menyenangkan, aktifitas yang mengeluarkan aura positif, sehingga semua pikiran negatif dalam diri Anda bisa diatasi oleh setiap emosi positif yang tumbuh dalam diri Anda.

Super Kreatif

Hal demikian memang sudah jelas kelihatan, Bahwa kegiatan doodling secara tidak langsung bisa menjadikan Anda lebih kreatif, dan doodling sendiri merupakan cara yang cukup efektif, Namun kurang dimanfaatkan oleh kebanyakan orang.

Berdasarkan kesimpulan Tuan Jasse prinz, bahwa saat orang melakukan doodling, ia akan menemukan sebuah jalan baru untuk berkreasi. Maka dari itu, doodling bisa Anda jadikan jalan untuk membuat diri Anda menjadi lebih kreatif.

Nah bagi Anda yang suka mencorat coret kertas kembangka kreatifitas Anda. Mungkin hal ini akan menjadi jalan kesuksesan hidup Anda di masa mendatang.

Click to comment