-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Temukan Passionate Anda Dengan 6 Pertanyaan ini. Cobalah!
author photo
By On
Gali Passion Anda Dengan Enam Pertanyaan ini. Cobalah!
Menemukan sesuatu yang menjadi passion itu memang gampang-gampang susah. Passion tidak sama dengan hobi, karena perasaan itu jauh lebih kuat. Menurut Erix, pendiri Does University merupakan sekolah non-formal yang menjadi tempat para siswa mempelajari ilmu yang disukai. Passion dan hobi itu berbeda. Perbedaannya adalah hobi bisa dipatahkan dengan hal apapun tapi kalau passion itu diberikan oleh alam semesta dan sudah menjadi kebutuhan hidup yang benar-benar bisa bikin Anda merasa hidup apabila dilakukan. Ibaratnya, passion adalah sesuatu yang tak hanya mengisi waktu, namun juga jadi penentu tujuan hidup dan kebahagiaan Anda.

Jika hingga hari ini Anda masih belum menemukan passion yang melekat pada pribadi Anda, hal itu memang sangatlah wajar, karena menemukan passion bisa jadi seiring dengan menemukan jati diri. Tapi Mumpung selagi muda, ada baiknya Anda mencoba menemukan passion mulai dari sekarang. Kabar baiknya semakin cepat Anda menemukannya, semakin luas kesempatan yang terbentang di hadapan Anda untuk bisa menggeluti dan mengembangkannya.

Baca : Meningkatkan kemampuan otak menjadi cepat

Ingat!, Passion bisa jadi berupa hal yang sangat menarik hatimu, sesuatu yang sangat Anda inginkan namun hal ini bukan obsesi yang berlebihan. Ini bukan hal yang diinginkan orang tua Anda, pacar Anda, atau bahkan teman Anda. Passion adalah sesuatu yang benar-benar bisa mengobarkan semangat dalam jiwa, yang membuat hidup Anda terasa utuh. Ketika Anda melakukannya, Anda merasa bisa mencurahkan segalanya tanpa ragu demi satu hal ini. Mengerjakan hal sesuai passion membuat Anda merasa hidup.

Hal apapun yang Anda yakini dengan bulat, walau ditentang oleh hampir setiap orang? Jawabnya janga ragu. Lakukanlah!.

Melalui pertanyaan yang pertama ini, Anda akan mencoba menggali apa yang unik yang terpendam dalam diri Anda. Kebanyakan orang, terutama orang tua  cenderung punya nilai yang linear tentang makna sebuah pekerjaan dan kesuksesan. Tidak ada yang salah karena maksud beliau adalah baik, beliau mencoba memberikan jalan hidup yang terbaik buat Anda biar hidup Anda menjadi nyaman dan bahagia. Namun, bukankah nyaman tidak selalu sama dengan kebahagiaan?

Meski banyak yang menentang, percayalah bahwa mengikuti passion itu bukan hal yang buruk. Hingga saat ini Anda akan teguh berkata bahwa passion adalah hal yang sangat layak untuk dikejar.

Selama ini, kemampuan apa yang paling menonjol pada dari Anda? Apa kemampuan terhebat Anda?

Pertanyaan yang kedua ini akan membongkar kepribadian serta bakat terpendam yang sudah Anda miliki sejak awal. Suatu hal yang kodrati bahwa setiap orang pasti punya kelebihan dan bakat. Memahami kemampuan Anda yang paling dominan, bisa membantu Anda menemukan hal yang sebenarnya menjadi passioan Anda.

Anda seorang pelajar dalam hal ini Anda malas untuk mengikuti materi pelajaran tertentu, Anda hanya ingin mengekspresikan hidup Anda dengan menggambar dan menggambar setiap saat. Jika sudah mengggambar maka timbualah perasaan inilah saya. Menanyakan pertanyaan diatas pada diri sendiri bisa membuka mata hati Anda, bahwa sebenarnya Anda lebih ahli di bidang desain dibanding harus mempelajari materi tertentu yang membuat Anda tertekan. Bagaimana caranya ini? carilah tempat yang bisa menampung sesuai dengan passion Anda. Terus menggali rasa ingin tahu tentang kemmapuan terkuat yang Anda miliki hal ini bisa membantu menemukan passion yang selama ini Anda cari.

Coba ingat kembali hal apa yang Anda sukai sewaktu kecil dulu? Gali masa kecil Anda

Pertanyaan ketiga ini mencoba menumbuhkan passion Anda melalui imajinasi masa kecil dahulu. Terkadang Anda bisa menemukan apa yang Anda cari ketika Anda mencoba menilik kembali ke belakang. Ya...saat masa kecil Anda, coba ingat-ingat hal apa yang suka Anda lakukan. Masa kecil penuh dengan imajinasi, memainkan imajinasi adalah hal hebat yang dilakukan dilakukan seorang anak, dan kita harus belajar dari mereka.

Baca : Motivasi dan refleksi belajar dari 8 sifat anak kecil

Anda yang sekarang dibentuk oleh banyak hal, termasuk orang tua dan lingkungan. Membongkar kembali masa kecil Anda berarti melihat diri Anda sebelum didikte oleh orang lain. Bisa jadi Anda akan menemukan sesuatu yang patut untuk dikejar di sana, sesuatu yang beresonansi dengan diri Anda di masa sekarang.

Kegiatan apa yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya? Jangan takut coba sekarang juga!

Pertanyaan keempat akan mencoba menggali passion dari sisi ekstra Anda. Salah satu cara terbaik untuk menemukan tujuan hidup dan passion adalah dengan mencoba-coba. Banyak orang yang menganggap hal ini kurang intuitif dan buang-buang waktu. Ok, tapi Anda juga bukan cenayang yang bisa tahu sesuatu hanya lewat imajinasi?

Menemukan passion bukan hanya soal berpikir dan menggali diri. Melainkan juga soal bertindak (action) dan mengenali banyak hal yang ada di luar diri Anda. Bagaimana Anda akan tahu kalau Anda bakal menyukai sesuatu tanpa mencobanya sendiri? Jadi, kalau ada sesuatu yang ingin Anda coba lakukan, action sekarang juga. Siapa tahu Anda berjodoh dan justru menemukan bahwa itulah passion Anda.

Goal apa yang ingin Anda ceritakan pada orang-orang, 25 tahun dari sekarang? Pencapaian apa yang ingin kamu ceritakan nanti

Pertanyaan kelima akan menggali  hasrat Anda di masa mendatang. Goal apa yang kira-kira ingin Anda ceritakan dengan bangga pada 25 tahun mendatang? Cerita tentang Anda menua di jalan karena pekerjaan sebagai buruh mengharuskan Anda pergi pagi dan pulang malam setiap hari? Atau justru Anda akan merasa bangga saat bercerita soal bagaimana Anda mewujudkkan impian Anda sebagai penulis, desainer, komikus?

Baca : 6 perkara jalan kesuksean Anda

Pencapaian yang diperoleh lewat passion akan menggugah siapapun yang menyimaknya, sesederhana apapun pencapaian Anda. Bukan materi yang penting, karena materi hanyalah hasil. Yang terpenting adalah proses menuju hasil tersebut. Nah, Anda ingin rasanya dikenang sebagai apa suatu saat nanti?

Seandainya tak ada orang yang bisa melihat Anda, mendengar Anda, atau mempengaruhi Anda; Anda akan menjadi orang yang seperti apa?. Siapakah Anda?

Siapa saya? Pertanyaan keenam yang sangat sederhana sekaligus yang terbaik. Pertanyaan ini akan membantu Anda untuk merumuskan tujuan hidup dan passion dalam satu kalimat sederhana. Jawaban dari pertanyaan ini bisa menjabarkan siapa dan apakah Anda, serta, lebih dalam lagi, tujuan yang sebenarnya ingin Anda capai.

Semisal;
Seorang yang pergi keliling dunia dan  menaklukkan gunung.
Atau:
Orang biasa yang menemukan perangkat yang memudahkan hidup umat manusia.
Anda jangan meremehkan satu kalimat ini, karena punya kekuatan yang besar untuk mengubah hidup Anda. Kalau tujuan hidup di dalam kalimat yang Anda tulis itu belum juga tercapai, mungkin Anda juga bisa bertanya:
Dari mana saya akan memulai untuk mengejar tujuan hidup saya?
Berhasil menemukan passion berarti Anda sudah berani maju selangkah lebih dekat ke pribadi Anda sendiri. Yang berikutnya harus Anda lakukan adalah bertahan di jalurnya dan tetap konsisten. Tidak menutup kemungkinan rasa bosan itu pasti ada, tapi percayalah bahwa hal inilah yang akan membuat Anda merasa cukup.

Nah, sudah siap mengajukan berbagai pertanyaan lagi pada diri sendiri agar bisa menemukan passionate Anda?

Click to comment