-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Daftar Akun SNPMB 2024
author photo
By On
Cara Daftar Akun SNPMB 2024

Pengisian PDSS 2024 dan Pendaftaran SNBP 2024, serta pendaftaran UTBK-SNBT 2024 harus membuat dan memiliki akun SNPMB bagi yang belum punya akun. Siapa Saja yang harus membuat Akun di portal SNPMB 2024?.


Akun SNPMB menjadi salah satu item krusial yang wajib dimiliki oleh sekolah, siswa, dan siswa lulusan tahun 2023 dan 2024 yang hendak mengikuti tahapan seleksi di tahun 2024.


Akun ini menjadi kunci awal bagi calon Mahasiswa untuk dapat mengikuti tahap seleksi secara keseluruhan. Jadi pastikan sekolah dan calon Mahasiswa telah membuat, mengisi, dan menyimpan permanen seluruh data yang dibutuhkan.


Informasi terkait jadwal registrasi akun SNPMB untuk sekolah tanggal 8 Januari 2024 sampai 8 Februari 2024. Sedangkan untuk siswa tanggal 8 Januari 2024 sampai 15 Februari 2024.  Untuk laman pendaftaran silahkan ikuti link https://sso-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/


Pastikan Anda tidak melewatkan tahapan ini karena seluruh peserta SNPMB 2024, baik SNBP atau SNBT, wajib memiliki akun yang sudah disimpan permanen.


Bagaimana cara mendaftar akun SNPMB?. Pendaftaran akun SNPMB dapat dilakukan melalui portal SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan memasukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir yang telah sesuai pada data DAPODIK/EMIS. Pastikan memiliki email yang aktif.


Mekanisme registrasi akun untuk mengatasi hal ini adalah sebagai berikut.

  1. siswa/sekolah melakukan registrasi dengan mengisikan data dan email.
  2. Jika email benar maka email aktivasi akan dikirimkan ke inbox dan user dapat melakukan aktivasi. Akun aktif dan selesai.
  3. Jika email benar tetapi tetap tidak menerima email aktivasi, maka siswa/sekolah dapat melakukan daftar ulang setelah 15 menit dari pendaftaran sebelumnya dengan email yang sama untuk mendapatkan email aktivasi yang baru.
  4. Jika email salah, maka siswa/sekolah dapat menunggu 15 menit setelah pendaftaran yang pertama. Bisa menggunakan email yang benar untuk mendapatkan email aktivasi yang baru.

Persyaratan dan ketentuan siswa mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi adalah memiliki NISN, NPSN, dan tanggal lahir yang terdaftar pada Pusdatin dan memiliki akun SNPMB. Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Memiliki nilai rapor yang telah diisikan di PDSS sesuai dengan ketentuan. Wajib mengunggah portofolio bagi yang memilih program studi Bidang Seni & Olahraga. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.


Ketentuan umum SNBP 2024

SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.


Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di PDSS dengan lengkap dan benar.


Sekolah harus memiliki Akun SNPMB Sekolah untuk pengisian PDSS dan siswa harus memiliki Akun SNPMB Siswa untuk pendaftaran SNBP. Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan registrasi Akun SNPMB Siswa dilakukan di portal SNPMB.


Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024.


Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun

Click to comment