-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Ini bedanya Seleksi PPPK 2023. Ayo Daftar!
author photo
By On
Ini bedanya Seleksi PPPK 2023. Ayo Daftar!

Seleksi Guru PPPK Tahun 2023 Telah Dibuka. Pemerintah Daerah membuka formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023 sebanyak 296.059 orang, dari kebutuhan 601.174 guru PPPK. Ini perbedaan seleksi PPPK dengan Tahun Lalu.


Jika Anda termasuk calon pelamar prioritas P1 yakni peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk jabatan fungsional (JF) guru tahun 2022 dan telah memenuhi nilai ambang batas yang belum memperoleh formasi, pemerintah menyediakan kuota sebanyak 50.248 formasi diperuntukkan bagi pelamar prioritas satu atau P1.


Meski statusnya telah diprioritaskan oleh pemerintah pusat maupun pemda. Bagi guru yang masuk dalam daftar P1 tetap harus mendaftar seleksi PPPK. Walaupun mereka tidak ikut seleksi guru PPPK 2023.


5 Perbedaan PPPK 2023 dengan Tahun Lalu


1. Membuat akun baru di portal SSCASN milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Jika sebelumnya pendaftaran untuk jabatan fungsional guru menggunakan portal pppkguru.kemdikbud.go.id milik Kemendikbudristek. Tahun 2023 semua guru honorer prioritas 1 (P1), P2, P3 maupun P4 yang hendak mengikuti seleksi PPPK jabatan fungsional guru agar membuat akun baru di portal SSCASN milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).


Karena seleksi PPPK tahun ini dilaksanakan secara bersama-sama dengan semua kementerian yang membuka formasi PPPK.


2. Pelamar Prioritas 1 (P1) Tanpa Tes.

Bagi guru lulus PG yang merupakan Prioritas 1 (P1) tidak akan di tes kembali. Mereka tinggal menunggu penempatan saja, termasuk sekitar 3.000 P1 yang penempatannya sempat dibatalkan.


3. Tes Proses Pembelajaran Bukan Tes Observasi.

Guru P2 dan P3 di tes menggunakan sistem Situational Judgement Test (SJT). Tahun lalu, P2 dan P3 hanya di tes observasi, sedangkan tahun ini tes CAT BKN juga. Namun, tesnya bukan pengetahuan, tetapi pada SJT yang lebih membahas pada proses pembelajarannya.


4. Pelamar P4 menggunakan CAT.

peserta dari pelamar umum atau P4, tambahnya menggunakan CAT kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural, dan wawancara. Bagi pelamar besertifikat pendidik diberikan afirmasi kompetensi teknis 100 persen.


5. Tidak Ada Masa Sanggah.

Perlu diperhatikan oleh guru yang hendak melamar PPPK tahun ini karena tidak ada lagi masa sanggah setelah guru yang bersangkutan menerima hasil seleksi.


Karena tahun ini selesai ujian langsung pengumuman, tidak ada lagi masa sanggah hasil ujian. Masa sanggah hanya dilakukan pada saat seleksi administrasi dan itu dilakukan sekali saja.


Guru dengan status P2 (honorer K2), P3 (guru honorer negeri masa pengabdian minimal 3 tahun), dan P4 (lulusan PPG dan guru honorer negeri maupun swasta yang masa pengabdiannya di bawah 3 tahun dan tercatat di dapodik), semuanya peluang sama untuk diterima menjadi PPPK.


Pendaftaran PPPK di buka tanggal 20 September s.d 9 Oktober 2023. Silahkan daftar/registrasi membuat akun disini https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun


Unduh jadwal seleksi PPPK 2023 terbaru disini.

Click to comment