-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Solusi Tidak Bisa Membuat Rombel Kurikulum Merdeka
author photo
By On
Tidak Bisa Membuat Rombel Kurikulum Merdeka

Mohon petunjuk sekolah kami memilih kurikulum merdeka mandiri belajar jadi wajib di dapodik kls X kurikulum merdeka sudah di laporkan ke dinas biar memasukkan kurikulum merdeka di dapodik setelah di isi di rombel Kurikulum Merdeka setelah validasi jadi invalid gimana solusinya teman?.


Permasalahan di atas adalah salah satu contoh kasus yang mungkin juga anda akan mengalami hal yang sama ketika di sekolah anda masih baru di dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di aplikasi Dapodik tahun ini.


Jadi sebelum operator bingung untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka di aplikasi dapodik sebaiknya yang pertama adalah melihat SK yang diterbitkan di kurikulum merdeka saat sekolah mendaftar implementasi kurikulum merdeka.


Informasi Surat Keputusan (SK). SK akan dikeluarkan sebelum tahun ajaran baru dimulai. Silahkan download SK implementasi kurikulum merdeka di aplikasi PMM dekstop dengan akun Kepala sekolah.


Saat sekolah mendaftar implementasi kurikulum Merdeka ada tiga pilihan yang harus dipilih. Berikut ini 3 pilihan implementasi kurikulum merdeka dipilih secara mandiri.


1. Mandiri Belajar

Satuan pendidikan masih menggunakan struktur kurikulum 2013 dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan beberapa prinsip kurikulum merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen.


Jika sekolahan Anda memilih "Mandiri Belajar" dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka maka anda akan tetap menggunakan kurikulum 2013 baik di satuan pendidikan maupun di aplikasi Dapodik meskipun di dalam aplikasi dapodik sudah tertera menggunakan kurikulum merdeka.


Oleh karena, itu di aplikasi dapodik ketika anda membuat rombel kurikulum Merdeka maka akan terjadi invalid. Solusinya di aplikasi dapodik, sekolah anda harus tetap menggunakan kurikulum 2013.


Untuk merubah ke kurikulum Merdeka di aplikasi Dapodik secara otomatis maka diperlukan perubahan SK kurikulum merdeka "Mandiri Berubah" yang ada di platform kurikulum merdeka dengan akun akses kepala sekolah.


2. Mandiri Berubah

Satuan pendidikan menggunakan struktur kurikulum merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen.


Jika sekolah Anda memilih kurikulum merdeka "Mandiri Berubah" maka secara otomatis di aplikasi Dapodik akan terbaca sekolah sudah menerapkan kurikulum merdeka dan secara otomatis ketika membuat rombel kurikulum merdeka tidak akan terjadi invalid lagi.


3. Mandiri Berbagai

Satuan pendidikan menggunakan struktur kurikulum merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen, dengan komitmen untuk membagikan praktik-praktik baiknya kepada satuan pendidikan yang lain.


Jadi kesimpulannya bagi satuan Pendidikan anda yang menggunakan kurikulum Merdeka dengan pilihan "Mandiri Belajar" maka di aplikasi dapodiknya tetap menggunakan kurikulum 2013. 

Click to comment