-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

PPPK Guru 2022 P. Umum & PPG Gagal Seleksi
author photo
By On
PPPK Guru 2022 P. Umum & PPG Gagal Login
Pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 sudah keluar 2 hari yang lalu, dengan maka portal SSCASN sudah tidak bisa di akses lagi bagi pendaftar baru maupun bagi guru yang mendaftar sebagai pelamar umum.


Lantas bagaimana dengan posisi status guru swasta dan lulusan PPG yang kemarin sudah ikut mendaftar, apakah sudah Gagal masuk seleksi PPPK Guru?.


Guru Swasta dan lulusan PPG yang mengikuti seleksi PPPK Guru 2022 termasuk dalam kategori pelamar umum meskipun sebelumnya sudah bisa mendaftar dan login di aplikasi SSCASN, beberapa terakhir hari ini tidak bisa login lagi dengan keterangan pendaftaran seleksi PPPK Guru sudah ditutup.


Meskipun sebelumnya anda bisa login dan melakukan pengisian data namun berhenti di fitur pemilihan formasi sehingga dalam tahap ini anda tidak bisa melanjutkan sampai akhir resume pendaftaran.


Jika pada tahap pemilihan formasi PPPK Guru ini tidak bisa berlanjut apakah artinya hal ini sudah gagal dalam seleksi PPPK Guru?


Berikut salah satu jawaban admin SIM PPPK Kemdikbudristek mengenai pemilihan formasi yang tidak tersedia.


Admin SIM PPPK KEMDIKBUDRISTEK: Apabila tidak dapat melanjutkan pendaftaran karena formasi tidak tersedia, kemungkinan yang ada:


1. P1 yang tidak dapat penempatan/ mendaftar disebabkan tidak ada kebutuhan karena memang terdapat kelebihan/ over supply mapel-mapel tertentu.


Prinsip seleksi tahun ini sebagai evaluasi dari tahun sebelumnya adalah tidak menggeser guru honorer yang ada. Maka penempatan P1 tidak boleh menggeser guru honorer yang ada.


P1 yang tidak dapat ditempatkan, diberi kesempatan untuk turun prioritas menjadi P2 (bila THK2), P3 (bila guru non ASN sekolah negeri dengan masa kerja lebih dari 3 tahun), serta Pelamar umum (bila guru non ASN sekolah negeri dengan masa kerja kurang dari 3 tahun, PPG, dan guru sekolah swasta) sehingga diharapkan dapat mengikuti seleksi kembali dengan menggunakan mapel jabatan lainnya (Peta linieritas berlaku).


Terutama bila Guru tersebut memiliki ijazah lain yang berbeda dengan seleksi sebelumnya, berpeluang untuk ikut seleksi di tahun ini.


Bila telah menekan tombol prioritas, tidak dapat kembali ke prioritas 1. Ada kemungkinan setelah turun prioritas pun tidak dapat mendaftar. Baik tetap P1 maupun turun prioritas, database P1 tetap tersimpan dalam database.


2. Pelamar Prioritas 2 (THK2) maupun Prioritas 3 (Guru non asn sekolah Negeri masa kerja lebih dari tiga tahun), pastikan data jam mengajar di dapodik sesuai/linier dengan kualifikasi pendidikan.


Jika tidak sesuai, contoh (prodi PAI di Dapodik diberikan jam Guru Kelas), maka tidak dapat mendaftar meskipun ada formasi di sekolah induk. Perbaiki Dapodiknya terlebih dahulu.


Pelamar P2 dan P3 yang terdaftar di Dapodik, tetap dapat mendaftar formasi meskipun tidak dibuka di sekolah induknya, selama ada formasi di sekolah lain.


Pelamar P2 dan P3 yang tidak mendapatkan formasi juga diberi kesempatan turun prioritas melamar menggunakan sertifikat pendidik yang dimiliki.


3. Pelamar umum (Guru non asn sekolah negeri masa kerja kurang dari 3 tahun, PPG, dan guru sekolah swasta) bila tidak dapat mendaftar, berarti instansinya tidak membuka formasi bagi pelamar umum. 


Instansi sesuai dengan data sekolah induk di dapodik. PPG dapat memilih instansi. Apabila merasa seharusnya prioritas 3 maka pastikan validasi NIK dan data di Dapodiknya, serta apabila THK2 masukan nomor THK2.


Pelamar Umum menyelesaikan pendaftaran tanpa memilih formasi. Pemilihan formasi setelah pelaksanaan seleksi kompetensi P2 dan P3. Jadwal di portal gurupppk.kemdikbud.go.id


Dari informasi di atas jika Anda sebagai pelamar umum maka harapan untuk bisa mengikuti seleksi PPPK Guru 2022 sudah gagal.

Click to comment