-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Buku Guru & Siswa PAI kelas 10 Fase E, 11 Fase F Kurikulum Merdeka
author photo
By On
Buku Guru & Siswa PAI kelas 10 Fase E, 11 Fase F Kurikulum Merdeka
Berikut ini adalah link downloadnya buku guru dan buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti (PAI & BP) kelas 10 Fase E dan kelas 11 SMA/SMK Fase F Kurikulum Merdeka.

Buku Siswa PAI & BP kelas 10 Fase E


Penyusunan buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP). Penjabaran setiap materi mengintegrasikan empat hal, yaitu (1) Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin, (2) wawasan kebangsaan/keindonesiaan, Karakter Pelajar Pancasila, pengembangan budaya literasi, dan pembelajaran abad ke-21.


Materi dalam buku ini dikembangkan untuk membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan materi buku ini mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:


1. Potensi intelektual, emosional, spiritual, sosial, dan potensi vokasional siswa;

2. Tingkat perkembangan isik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa;

3. Kebermanfaatan dan relevansi bagi siswa;

4. Struktur keilmuan;

5. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pada setiap aspek (Al-Qur’an, akidah, akhlak, ikih, dan sejarah peradaban Islam); dan

6. Alokasi waktu.


Unduh buku siswa PAI & BP kelas 10 Fase E Kurikulum Merdeka



Petunjuk Penggunaan Buku siswa PAI & BP kelas 10 Fase E Kurikulum Merdeka


Buku ini memiliki banyak itur yang akan memandu kalian belajar dengan menyenangkan. Oleh karena itu, simaklah baik-baik penjelasan bagian-bagian buku ini:

Tujuan Pembelajaran:
Bagian ini berisi tujuan pembelajaran yang akan dicapai selama mengikuti proses pembelajaran.

Infograis:
Infograis merupakan penyajian garis besar materi dalam bentuk grais.
Cermatilah infograis tersebut untuk memahami garis besar alur pembahasan buku.

Ayo Tadarus:
Berisi ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan tema materi pelajaran. Bacalah ayat Al-Qur’an tersebut dengan tartil.

Tadabbur:
Bagian ini mengajak kalian untk mengamati gambar dan menuliskan komentar terhadap gambar tersebut. Selanjutnya cermatilah wacana ataupun artikel terkait tema pelajaran.

Wawasan Keislamaman:
Uraian materi sesuai dengan tema pelajaran tersaji pada bagian ini. Membaca uraian materi ini sampai tuntas akan membantu kalian untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Penerapan Karakter:
Berisi butir-butir sikap dan nilai karakter yang merupakan implementasi dari materi pelajaran sekaligus penerapan Proil Pelajar Pancasila. Harapannya seluruh butir sikap dan nilai karakter tersebut menjadi bagian dari diri kalian.

Releksi:
Berisi umpan balik setelah mengikuti proses pembelajaran.

Rangkuman:
Bagian ini berisi ringkasan materi yang disajikan dalam Wawasan Keislaman. Membaca rangkuman akan membantu kalian menemukan garis besar pembahasan materi.

Penilaian:
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan tersaji pada bagian ini. Silahkan dikerjakan penilaian ini dengan sungguh-sungguh untuk mengukur tingkat kompetensi yang kalian miliki.

Pengayaan:
Bagian ini berisi buku-buku referensi yang dapat dipelajari untuk lebih mendalami materi pembelajaran


Buku Guru PAI & BP kelas 10 Fase E


Unduh buku guru PAI & BP kelas 10 Fase E Kurikulum Merdeka

Petunjuk Penggunaan Buku guru PAI & BP kelas 10 Fase E Kurikulum Merdeka

Buku ini memiliki banyak itur yang akan memandu guru dalam merancang, merencanakan dan melaksanakan kegiatan merdeka belajar bagi peserta didik agar menjadi proses belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Oleh karena itu, silahkan dicermati dan disimak baik-baik penjelasan bagian-bagian buku ini.

1. Gambaran umum, yang terdiri dari:
Tujuan pembelajaran, pokok materi pembelajaran dan hubungan materi dengan mata pelajaran lainnya

2. Skema pembelajaran, yang terdiri dari:
Alokasi waktu kegiatan pembelajaran, tujuan tiap-tiap sub bab pembalajaran, keywords atau kata-kata kunci pada materi pembelajaran dan alternatif metode dan aktivitas pembelajaran yang disarankan untuk dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran, sumber referensi utama untuk belajar dan sumber-sumber belajar lain yang relevan dengan materi pembelajaran

3. Panduan pembelajaran
Pada bagian ini merupakan penjabaran tentang:
  • Tujuan pembelajaran tiap pekan
  • Apersepsi merupakan bagian untuk menghubungkan pelajaran pada materi bab sebelumnya dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari
  • Kegiatan pemantik merupakan strategi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan memotivasi untuk mempelajari materi pelajaranmulai dari info grais dan mencermati gambar, ilustrasi yang relevan dengan materi.
  • Kebutuhan sarana prasarana dan media pembelajaran kebutuhan sarana prasarana pembelajaran merupakan rincian alat, bahan, sarana dan prasarana atau media lain yang dibutuhkan.
  • Metode dan aktivitas pembelajaran merupakan gambaran detail aktivitas pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang berupa detail sintak model pembelajaran yang diterapkan pada setiap pekan pembelajaran dan kegiatan penutup.
  • Metode dan aktivitas pembelajaran alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran merupakan alternatif pilihan dan cadangan strategi pembelajaran apabila strategi utama pembelajaran mengalami hambatan atau kendala
  • Panduan penanganan pembelajaran yaitu penanganan untuk peserta didik yang mengalami kesulitan dan kelambatan dalam belajar dengan teknik bimbingan individu atau menggunakan peer teaching untuk membimbing peserta didik mencapai capaian pembelajaran.
  • Pemandu aktivitas releksi mencakup dua macam rubrik yaitu penerapan karakter dan releksi
  • Penilaian untuk mengukur ketercapaian kompetensi yaitu rencana penilaian yang terdiri dari perangkat penilaian, instrument penilaian maupun rubrik penilaian untuk memudahkan guru dalam rangka mengukur ketercapaian kompetensi:
1) Penilaian sikap
2) Penilaian pengetahuan
3) Penilaian ketrampilan
  • Kunci jawaban penilaian pengetahuan memuat kunci jawaban dari soal penilaian pengetahuan yang terdapat didalam buku siswa
  • Kegiatan tindak lanjut
1) Remedial / perbaikan bagi peserta didik yang belum tuntas meraih kompetensi pembelajaran
2) Pengayaan bagi siswa yang telah tuntas kommpetensi minimal pembelajarannya dan diberikan tambahan pengayaan materi pembelajaran
  • Interaksi dengan orang tua/wali yaitu hal-hal yang dapat dilakukan oleh guru dengan orang tua/wali melalui pemanfaatan sarana komunikasi baik akun mesia sosial atau media online lainnya agar orang tua juga dapat membimbing dan memantau kegiatan peserta didik saat berada di rumah dan pada saat pembuatan proyek terkait materi pelajaran.

Buku Siswa PAI & BP kelas 11 Fase F


Unduh buku siswa PAI & BP kelas 11 Fase F Kurikulum Merdeka



Petunjuk Penggunaan Buku

Untuk mengoptimalkan kalian belajar menggunakan Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA dan SMK Kelas XI, mari pahami petunjuk penggunaannya. Setiap bab dalam buku ini, ada dua belas rubrik, kecuali Bab I dan VI hanya ada sebelas rubrik. Apa saja? Ayo, perhatikan penjelasannya berikut ini!


Tujuan Pembelajaran:
Pada bagian ini adalah target yang akan kalian capai dalam setiap bab. Sehingga kalian dapat mengetahui dan menyiapkan segala sesuatunya sebelum mempelajari materi yang akan dipelajari.

Kata Kunci:
Pada bagian ini adalah istilah penting yang ada dalam setiap bab. Karenanya, pahami dengan baik maksud dari setiap kata kunci yang ada. Harapannya, dengan adanya kata kunci ini memudahkan kalian mempelajari materi.

Infografis:
Pada bagian ini merupakan penyajian garis besar materi dalam bentuk grafis. Bagian ini, kalian diajak untuk melihat poin-poin materi sebelum melihat secara detail penjelasan dalam setiap bab. Harapannya, kalian akan lebih mudah mengingatnya.

Ayo Tadarus:
Pada bagian ini berisi ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan materi dalam setiap bab. Kalian akan diajak untuk membaca dengan tartil sebelum memulai belajar. Harapannya, kalian terbiasa membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain akan menguatkan keliterasian kalian.

Tadabbur:
Pada bagian ini, kalian diajak untuk mengamati 4 gambar dan menuliskan komentar sesuai dengan instruksi dalam box aktivitas. Selanjutnya kalian diajak untuk mencermati wacana berupa artikel terkait materi. Harapannya, kalian akan terbentuk sikap berfikir kritis (yang merupakan salah satu kecapakan abad ke-21) dalam kehidupan sehari-hari.

Kisah Inspiratif:
Pada bagian ini berisi tentang cerita yang menginspirasi berhubungan dengan materi masing-masing bab.

Wawasan Keislamaman:
Bagian ini berisi materi pelajaran sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur CP Kelas XI SMA dan SMK. Bacalah materi dengan tuntas dan kerjakan aktivitas yang ada dalam kotak dalam setiap bab. Pada bagian ini, kalian diharapkan menjadi peserta didik yang aktif, inovatif, kreatif, religius, dan berkarakter.

Penerapan Karakter:
Berisi butir-butir sikap dan karakter profil Pelajar Pancasila yang terdapat dalam materi dalam setiap
bab. Harapannya, karakter tersebut kalian dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Refleksi
Pada bagian ini kalian diajak untuk merefleksikan manfaat apa saja setelah kalian mempelajari dalam setiap bab.

Rangkuman:
Pada bagian ini berisi ringkasan materi yang disajikan dalam Wawasan keislaman. Membaca rangkuman tersebut akan membantu kalian menemukan garis besar pembahasan materim dalam setiap bab.

Penilaian:
Pada bagian ini berisi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kerjakanlah penilaian ini dengan sungguh-sungguh untuk mengukur tingkat kompetensi yang kalian miliki.

Pengayaan:
Pada bagian ini diperuntukkan bagi peserta didik yang sudah menuntaskan materi dalam setiap bab. Bentuk pengayaan materi tersebut adalah referensi buku atau kitab atau jurnal ilmiah yang dapat diibaca lebih lanjut oleh peserta didik.


Selamat belajar menggunakan buku ini. Semoga kalian menjadi pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., berakhlak mulia, berilmu, menebarkan Islam yang rahmatan lil ālamīn, moderat, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Buku Guru PAI & BP kelas 11 Fase F

Unduh buku guru PAI & BP kelas 11 Fase F Kurikulum Merdeka


Buku Guru ini, terdapat 5 hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial dan interaksi guru dengan Tri Pusat Pendidikan yaitu; orang tua/keluarga, sekolah/peserta didik dan masyarakat yang melingkupi sekolah.


Sebagai ikhtiar mewujudkan pembelajaran PAI yang efektif dan berbudaya Islami di sekolah (religious culture), perlu adanya sinergi antara GPAI dengan guru lainnya, termasuk dukungan dari pimpinan sekolah dan orang tua. Penerapan budaya Islami dapat dilakukan melalui pelaksanaan praktikum PAI, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, seperti di mushala, masjid, laboratorium, taman atau tempat lainnya yang berada di lingkungan sekolah dan di luar sekolah (rumah, lingkungan masyarakat serta beragam majelis ilmu yang lain).

Click to comment