-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Bedanya Dapodik Dan Verval
author photo
By On

Bedanya Dapodik Dan Verval

Apa bedanya Dapodik dengan verval? pertanyaan sekaligus jawaban ini admin ambil dari Minda Insta sebagai sharing informasi seputar aplikasi Dapodik dan aplikasi verval.


Merujuk pada Permendikbud nomor 79 tahun 2015 pasal 1 menjelaskan bahwa:

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan yang dikelola oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dan subtansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online.


Pendataan meliputi pengumpulan, pengelolahan, dan penyajian data


Dapodik adalah aplikasi untuk pengumpulan 4 entitas data yaitu 1) Satuan Pendidikan, 2) Peserta Didik, 3) Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan, 4) substansi pendidikan yang bersumber langsung dari sekolah.


Apa hubungan Dapodik dengan Verval?

Permendikbud nomor 79 tahun 2015 pasal 16: Pengendalian hak akses, data referensi, sinkronisasi, verifikasi dan validasi serta integrasi data pendidikan dilaksanakan oleh PDSPK (yang sekarang menjadi Pusdatin).


Pusat Data Teknologi dan Informasi (Pusdatin) berperan sebagai "wali data" yang bertugas untuk memverifikasi dan validasi data yang telah diinputkan oleh sekolah melalui aplikasi Dapodik.


Aplikasinya terdiri dari VervalSP (Satuan Pendidikan), VervalPD (Peserta Didik), VervalPTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), VervalYayasan, dan VervalSDM (Operator Sekolah).


Data yang terverifikasi dan tervalidasi keabsahannya untuk memenuhi kualifikasi sebagai acuan akuntabilitas mengelola data referensi pendidikan untuk menjamin integrasi data pendidikan.


Unduh Permendikbud nomor 79 tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan

Click to comment