-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Lihat TUK Untuk PPPK Guru Swasta 2021=>https://gurupppk.kemdikbud.go.id/pelamar_p3k
author photo
By On
Cara Lihat TUK Untuk PPPK Guru Swasta 2021

Untuk melihat Tempat Ujian Kompetensi (TUK) PPPK 2021 bagi Guru swasta dan lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru yag TUK nya tidak tertera di kartu peserta.


Pencarian Pelamar ASN P3K Guru

Berikut langkah Pencarian Data untuk mengetahui (TUK) Tempat Uji Kompetensi.

1. buka laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/pelamar_p3k/ atau https://gtk.kemdikbud.go.id/diklatgtk/pppk/

2. Masukkan data NIK dan Nomor Peserta tekan cari.


Jika Anda bukan peserta seleksi kompetensi tahap 1 maka belum bisa melihat TUK.


Berdasarkan Dapodik (data pokok pendidikan) tahun 2020, sebanyak 59 persen guru honorer di sekolah negeri telah berusia lebih dari 35 tahun, sehingga tidak bisa lagi mengikuti ujian seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil).


Pemerintah membuka perekrutan guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diselenggarakan pada tahun 2021. Seleksi guru ASN P3K merupakan bagian dari upaya menyediakan kesempatan yang adil dan bersih, demokratis terhadap guru honorer yang memiliki kompetensi baik.


3 Keuntungan Guru PPPK

Keuntungan menjadi guru PPPK yakni:

  1. Perubahan status dari honorer ke ASN PPPK akan membawa jaminan kesejahteraan ekonomi bagi guru, yang meliputi gaji dan tunjangan profesi.
  2. Perubahan status akan memungkinkan lebih banyak guru mengikuti program-program peningkatan kompetensi dan sertifikasi. Peningkatan kompetensi ini sangat penting untuk jaminan ekonomi dan karier jangka panjang guru, serta kualitas pengajaran yang diterima oleh pelajar Indonesia.
  3. Program guru ASN PPPK juga menjadi alternatif rekrutmen.


Terkait dengan persiapan, saat ini Kemendikbudristek telah mengatur penempatan tempat seleksi uji kompetensi yang totalnya mencapai 1.124 lokasi, tersebar di 500 tempat di kabupaten / kota. Beberapa informasi teknis penyelenggaraan seleksi calon guru ASN P3K bisa dilihat di sscasn.bkn.go.id dan serta di laman guruppk.kemdikbud.go.id


Pertama, peserta calon guru ASN dapat mengecek akun SSCASN untuk memastikan bahwa telah mengikuti seleksi tahap satu. Tahap 1 itu diperuntukan untuk afirmasi seluruh guru Non ASN yang mengajar di sekolah negeri, tahap 2 diperuntukkan untuk calon guru yang tidak lulus di tahap 1; Tahap 3 diperuntukkan untuk calon guru yang tidak lulus di tahap ujian 2.


Adapun ujian seleksi guru PPPK akan dilakukan sebanyak tiga kali, yakni di bulan Agustus, Oktober, dan Desember. Sehingga pendaftar memiliki tiga kali kesempatan untuk mencoba. Kemendikbudristek juga menyediakan materi pembelajaran sebagai persiapan mengikuti ujian seleksi yang dapat diakses secara daring di platform Guru Belajar dan Berbagi. https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/

Click to comment